Mengenang Sang Ayah, Bos Adaro Gelar Haulan Muhammad Thohir di Tanjung

MENGENANG sang ayah, H Muhammad Thohir, Presiden Direktur PT Adaro Energy Tbk, Garilbadli ‘Boy’ Thohir bersama sang kakak, Erick Thohir menggelar haulan ke-3 di halaman Masjid At Thohir, Simpang Wara, Tanjung, Kabupaten Tabalong, Rabu (13/3/2019) malam.

“AYAH kami adalah teladan bagi kami, anak-anaknya. Beliau mengajarkan bagaimana bekerja keras. Sejak umur 10 tahun, beliau sudah merantau,” ucap Erick Thohir, dalam sambutannya mengenang hari wafatnya sang ayah H Muhammad Thohir yang berpulang ke hadirat Allah SWT pada tiga tahun lalu.

Acara haul ke-3, terbilang khidmat dan besar. Apalagi, dihadiri pihak keluarga almarhum H Muhammad Thohir dan para alim ulama. Termasuk, Kapolda Kalsel Irjen Pol Yazid Fanani dan Danrem 101/Antasari, Kolonel Inf M Syech Ismed, mantan Gubernur Kalsel Rudy Ariffin, Bupati Tabalong H Anang Syakhfiani serta tokoh masyarakat. Termasuk, Presiden Joko Widodo pun memberi sambutan lewat layar lebar atas acara haulan akbar keluarga besar Thohir tersebut.

BACA :  Bea Cukai Banjarmasin Catat PT Adaro Penyumbang Devisa Terbesar

Walau sempat diguyur hujan, jamaah tak beranjak dari tempat itu. Haul ke-3 H Muhammad Thohir ini dipimpin ulama kharismatik Banua Anam, KH Asmuni atau Guru Danau dan KH Abdul Hamid Amuntai. Seperti tradisi haul yang berlaku di Banua, peringatan hari wafatnya orangtua kedua pengusaha sukses dan bos Adaro itu diawali dengan pembacaan surat Yaasin, tahlil serta syair Maulid Habsyi.

Bagi Bupati Tabalong H Anang Syakhfiani, haul ke-3 orangtua Boy dan Erick Thohir tersebut sesungguhnya memiliki makna terdalam bahwa keluarga besar Thohir mencintai Kabupaten Tabalong, sehingga memilih pelaksanaannya di daerah, bukan di Jakarta atau tempat lainnya.

“Membicarakan keluarga Thohir, pastinya tak bisa lepas dari kehadiran Adaro di Bumi Sarabakawa. Selama operasionalnya, Adaro mampu menempatkan diri sebagai mitra yang baik. Banyak agenda pembangunan yang didukung Adaro,” tutur Anang Syakhfiani.

BACA JUGA :  Berkat PASS, Kini Santri Ponpes Nurul Muhibbin Bisa Mandiri

Sedangkan, Erick Thohir yang memberi sambutan selalu mengingatkan pesan sang ayah untuk terus bekerja keras, berkompetisi, terus membangun Indonesia, sekaligus memberikan yang terbaik pada masyarakat.

“Kehadiran jamaah pada malam ini, memberikan dorongan besar pada keluarga Adaro, untuk berkontribusi pada masyarakat dan membangun Indonesia yang kita cintai,” pungkas Erick Thohir.(jejakrekam)

Penulis Andi Oktaviani
Editor Andi Oktaviani