Budayakan Lingkungan Sehat, Koramil Juai Membuat 14 WC

MENDUKUNG program kesehatan keluarga dan lingkungan, Koramil 02 Juai dalam sebulan terakhir berhasil membuat 14 Unit Water Closet (WC) RT di Desa Teluk Bayur dan Desa Sumber Rejeki Kecamatan Juai.

PEMBUATAN WC keluarga ini, kata Komandan Koramil (Danramil) 1001-01/Juai Kapten Arm Antonios DW, sebagai bentuk kepedulian TNI- AD terhadap kesehatan masyarakat, serta mensukseskan Program Karya Bhakti TNI-AD bernama Gerakan Masyarakat Membangun Satu Juta Jamban untuk Keluarga Indonesia (GEMA SANG JUARA).

BACA: Aktifkan Rumah Singgah, Koramil Juai Gelar Baksos Bersama Warga

Selain itu, menurut Antonis, pembangunan jamban bagi masyarakat setempat ini juga merupakan salah satu kemanunggalan TNI dengan masyarakat dan wujud kepedulian TNI terhadap kesulitan masyarakat.

“Kemanunggalan TNI dan masyarakat harus tetap tercipta, diantaranya dengan karya bakti TNI bersama warga membangun jamban ini,” kata ujar Antonios disela penyelesaian pembuatan WC ke 14 di Desa Sumber Rejeki.

Untuk Koramil 1001-01/Juai sendiri, lanjut dia, ada 13 buah jamban yang telah dibangun, tinggal satu buah jamban yang masih proses penyelesaian.

“Tujuan pembangunan jamban ini, untuk membantu mengatasi kesulitan warga sekitar yang belum memiliki jamban di sekitar tempat tinggalnya. Makanya dalam Program Sejuta Jamban ini, kami Koramil 1001-01/Jua memilih desa yang keberadaan jambannya sangat dibutuhkan atau menjadi prioritas masyarakat. Daerah ini kan memang ada masyarakat yang belum memiliki jamban, maka dari itu kita sediakan jamban. Sehingga dapat tercipta lingkungan sekitar yang sehat, bersih, nyaman dan tenteram,” bebernya.

BACA JUGA: Jalankan Tugas, TNI Berikan Wawasan Kebangsaan Hingga Lakukan Fogging

Selain itu, dirinya juga berharap, dengan pembangunan jamban ini, masyarakat semakin memahami perilaku hidup bersih dan sehat. Penyebaran berbagai penyakit diakibatkan lingkungan kotor, akan semakin berkurang. Sehingga kesehatan masyarakat dapat semakin terjaga.

Semantara itu, upaya untuk mewujudkan masyarakat sehat melalui fasilitas sanitasi layak dan sehat serta juga upaya dalam memaksimalkan pencapaian Open Defecation Free (ODF), Dinkes Balangan mengulirkan program merubuhkan jamban milik warga yang berada di sungai.

Pembongaran jamban sungai ini, menurut Plt Kepala Dinas Kesehatan Balangan, Husaini, upaya dalam mewujudkan desa ODF dimana, ODF ini adalah kondisi ketika setiap individu dalam komunitas tidak buang air besar sembarangan lagi.

BACA LAGI: Bertukar Informasi, Dandim 1001 Amuntai-Balangan Bersilaturahmi dengan Insan Pers

Sudah dikatakan ODF ini, menurut dia, jika  apabila semua masyarakat telah buang air besar  hanya di WC sehingga tidak ada lagi terlihat tinja manusia di lingkungan sekitar.

“Desa ODF ini merupakan program dari Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) yang mempunyai 5 pilar, yaitu stop BAB sembarangan, cuci tangan pakai sabun, mengelola air minum dan makanan yang aman, mengelola sampah dengan benar, dan mengelola limbah cair rumah tangga yang aman,” bebernya.(jejakrekam)

Penulis Gian
Editor Fahriza