ULM Jalin Kerjasama dengan Tujuh Universitas di Taiwan

DALAM menghadapi tantangan global, Universitas Lambung Mangkurat terus berbenah. Salah satunya menjalin bekerjasama dengan sejumlah Universitas di Taiwan. Tak tanggung-tanggung, ada tujuh perguruan tinggi di Taiwan yang menandatangani MoU dengan Universitas tertua di Kalimantan ini.

AGENDA ini dirangkum dalam acara Taiwan Higher Education Fair yang dihadiri 12 perguruan tinggi dari Taiwan di Hotel Mercure, Rabu, (13/3/2019). Rektor ULM Prof Sutarto Hadi menyambut gembira kerja sama dengan sejumlah perguran tinggi di Taiwan, sebab ULM tak kalah dengan Universitas di Pulau Jawa.

BACA: Menuju Akreditasi A, ULM Dikunjungi 6 Asesor dari BAN-PT Kemenristekdikti

“Sistem pendidikan di Taiwan bisa dikatakan yang terbaik di Asia bahkan dunia. Oleh karena itu, kita ingin belajar dengan perguruan tinggi di Taiwan agar ULM bisa terkemuka dan berdaya saing,” kata Guru Besar Pendidikan Matematika ini.

Sutarto menjelaskan, adapun bentuk kerja sama antara ULM dan sejumlah perguruan tinggi di Taiwan antara lain dengan mengirim mahasiswa ULM untuk kuliah disana dalam skema tiga tahun di ULM dan satu tahun di salah satu perguruan tinggi di Taiwan.

“Kita juga akan mengirim dosen ULM untuk melanjutkan pendidikan di jenjang Doktoral dan ada pertukaran dosen antara ULM dan universitas Taiwan, hingga kerjasama penelitian antara akademisi kita dan mereka,” ungkap Sutarto.

BACA JUGA: Usai Diresmikan Menristekdikti, Plafon Gedung Baru ULM Ambruk

Direktur Kantor Urusan Internasional ULM, Arief Budiman mengatakan MoU ini akan efektif tahun depan, saat ini ULM sedang menjajaki beberapa fakultas dan program studi yang sesuai dengan ketujuh perguruan tinggi tersebut dan mendiskusikan lebih lanjut aspek pembiayaan.

“Kita sengaja menjalin kerjasama dengan sejumlah perguruan tinggi di Taiwan karena termasuk top class University, terlebih Taiwan banyak membuka peluang beasiswa baik untuk dosen, maupun mahasiswa,” ucap pakar marketing ini.

Jebolan Doktor The University of Newcastle, Australia ini menyebut, sejumlah perguruan tinggi di Taiwan memiliki karakteristik keunggulan masing-masing sehingga Fakultas di ULM memiliki alternatif kerjasama sesuai dengan keilmuan yang diinginkan.

“Misalnya National Taiwan University unggul di bidang medis sehingga cocok kerjasama dengan Fakultas kedokteran ULM, jadi setiap universitas di Taiwan memiliki kekhasan yang bekerjasama pada Prodi dan Fakultas di ULM,” imbuhnya.(jejakrekam)

Penulis Akhmad Husaini
Editor Fahriza