Sahbirin Noor : Pendidikan Pilar Utama Pembangunan SDM

0

GUBERNUR Kalsel H Sahbirin Noor mengatakan, pendidikan merupakan pilar utama untuk meningkatkan pembangunan sumber daya manusia (SDM) daerah.

HAL itu diutarakan Paman Birin sapaan akrbanya saat menghadiri  penyerahan 381 ijazah alumni Universitas Terbuka (UT) Banjarmasin,  Rabu (13/3/2019) di Calamus Ballroom Hotel Rattan Inn, Banjarmasin.

Surat tanda kelulusan tersebut, diserahkan langsung  Ketua UT Banjarmasin, Edward Zubir dan  Rektor Universitas Terbuka yang diwakili oleh Dekan FKIP Universitas Terbuka, Udan Kusmawan.

BACA: Gubernur Kalsel Mendapat Anugerah Sahabat Mulawarman dari TNI

Orang nomor satu di Pemerintah Provinsi Kalsel ini juga berharap agar para alumni mampu menjadi lulusan yang cerdas, mandiri, dan berdaya saing tinggi.  Selain itu dapat menerapkan ilmu dalam kehidupan bermasyarakat.

Ditambah lagi lulusan UT Banjarmasin didominasi oleh guru, ia pun berpesan agar para alumni tersebut mengajarkan dan mendidik generasi akan datang serta mengaplikasikan pengetahuan yang didapat semasa kuliah. Ia menyebut lulusan UT tersebar ke pelosok-pelosok daerah.

“Karena lulusan UT ini tersebar di mana-mana, saya berharap mereka bisa memberikan pembelajaran kepada generasi muda pada setiap penjuru Kalimantan Selatan,” pesannya.

BACA JUGA: Penghargaan LKBN Antara untuk Paman Birin

Kegiatan UPI itu juga mengundang Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan Selatan, para Kepala Dinas Pendidikan se-Kalsel, Pengurus Pokjar se Kabupaten Kota Wilayah Kalimantan Selatan, mitra Universitas  Terbuka, dan Pengurus IKA UT Banjarmasin.

Pelaksanaan UPI , UT Banjarmasin mengangkat Tema “Membangun SDM Banua yang Cerdas, Mandiri, dan Berdaya Saing Tinggi”.  Tema ini sengaja di angkat karena UT menerapkan sistem belajar jarak jauh.

Keberhasilan tersebut menunjukkan bahwa para lulusan UT lulusan yang cerdas, dan mandiri dalam belajar, karena dalam belajar jarak jauh dituntut kriteria tersebut. Diharapkan pula, para lulusan bangga sebagai Alumni UT dan dapat menjadi SDM Banua yang berdaya saing tinggi.

BACA LAGI: Gubernur Sahbirin Janji Dukung Penuh UMKM

Pada kesempatan yang sama, disampaikan juga tiga  lulusan terbaik  Universitas Terbuka Banjarmasin yaitu, Lulusan terbaik I Norlaila dari Kabupaten Tanah Laut dengan IPK 3. Lulusan terbaik II Nazarudin dengan IPK 3,82 dari Kabupaten Hulu Sungai Utara, dan  lulusan terbaik III  yang diterima oleh Elly Mulyani dengan IPK 3,62 dari Kabupaten Tanah Laut.(jejakrekam)

Penulis Rahma (Biro Humpro Kalsel)
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.