DLH Banjar Jamin dalam Sepekan Kawasan Sekumpul Kembali Bersih

0

RATUSAN ton sampah sisa kegiatan haul akbar ke-14 Syekh Muhammad Zaini Abdul Ghani atau Guru Sekumpul, masih belum terangkut sejak Senin (11/3/2019). Terlihat hampir di seluruh sudut Kota Martapura, tumpukan sampah yang terbungkus kantong plastik berbagai ukuran masih ada.

BESARNYA volume sampah ini segaris lurus dengan kehadiran jutaaan jamah yang mengikuti ritual tahunan di kawasan Sekumpul, sehingga ada ton sampah tersisa. Saat ini, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Banjar terus menerjunkan para petugas dibantu relawan untuk mengangkut sampah-sampah untuk dibuang ke tempat pembuangan akhir (TPA) Surya Kencana di Desa Padang Panjang, Kecamatan Karang Intan.

Tumpukan sampah yang tak terangkut ini diduga karena keterbatasan personel petugas kebersihan, ditambah masih ada arus balik dari para jamaah, sehingga diperkirakan dalam waktu sepekan ini, kawasan Sekumpul akan kembali bersih dari sampah.

BACA :  Luar Biasa, Dua Juta Umat Hadiri Haul Akbar ke-14 Guru Sekumpul

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Banjar Boyke W Tristiyanto mengakui adanya peningkatan volume sampah pasca haul Guru Sekumpul tersebut. Untuk itu, DLH berusaha secepatnya menanggulangi banyaknya volume sampah yang masih belum terangkut.

Boyke menyatakan, untuk solusi dalam mengangkut dan membersihkan sampah pasca haul ini, pihaknya mendapat bantuan dari sejumlah pihak. Di antaranya dari Dinas Lingkungan Hidup Kalsel untuk angkutan sampah ke TPA Regional Banjarbakula di Cempaka, Banjarbaru.

“Hari ini, bantuan datang dari Dinas Lingkungan Hidup Kota Banjarbaru. Ada dua dump truck diturunkan dan dua amrol serta 30 petugas pasukan kuning. Kami juga dibantu LSM Gasak yang membentuk relawan guna membersihkan sampah,” ucap Boyke W Tristiyanto kepada jejakrekam.com di Martapura, Selasa (12/3/2019).

BACA JUGA :  Menu Wajib Nasi Samin, Diperkirakan Jutaan Bungkus Terbagi untuk Jamaah

Mantan Kepala Disperkim Banjar ini juga  mengucapkan terima kasih kepada berbagai pihak yang telah secara langsung ataupun tidak langsung mendukung pemulihan kebersihan Sekumpul dan Martapura, pasca haul. Sedangkan pemulihan kebersihan ini diperkirakan memerlukan waktu sekitar satu pekan.

“Mudah-mudahan dalam tujuh hari ke depan, sampah pasca haul ini bisa kami tuntaskan,” tandasnya.(jejakrekam)

Penulis Syahminan
Editor Didi GS

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.