Berkah Haul Guru Sekumpul, Pedagang di Pasar Batuah Meraih Untung

0

HAUL akbar ke-14 Syekh Muhammad Zaini Abdul Ghani atau Guru Sekumpul, sejak Sabtu dan Minggu (9-10/3/2019), benar-benar  mendatangkan berkah bagi para pedagang aneka kuliner khas Banjar di Kota Martapura. Penjualan aneka kuliner, terutama oleh-oleh para peziarah atau jamaah haul meningkat hingga 10 kali lipat dan sangat menguntungkan para pedagang.

JUTAAN jamaah yang datang untuk mengikuti haul ke-14 Guru Sekumpul, tak hanya dari kota-kota terdekat dari Martapura di Kalimantan Selatan, namun juga dari luar Kalsel. Sebelum gelaran haul, suasana berdagang di Kota Martapura, khususnya di Pasar Batuah dan termasuk di kawasan Sekumpul, berjalan agak sepi.

Namun seminggu jelang haul terlihat peningkatan yang cukup tinggi, utamanya permintaan untuk kuliner khas Kota Intan tersebut.

BACA :  Luar Biasa, Dua Juta Umat Hadiri Haul Akbar ke-14 Guru Sekumpul

Nurul Huda (30) pedagang anela kuliner khas Banjar mengatakan, sejak berdatangannya para jamaah haul justru menjadi berkah bagi mereka. Barang dagangan mereka menjadi lebih laris dan berkah bagi dirinya dan para pedagang lainnya di Pasar Batuah Martapura.

“Seminggu sebelum puncak haul sudah terasa peningkatan pendapatan kami berdagang sampai hari ini. Biasanya ini berlangsung hingga sepekan setelah haul masih ramai dengan pembeli,” ucap Nurul Huda kepada jejakrekam.com di Martapura, Senin (11/3/2019).

BACA JUGA :  Menu Wajib Nasi Samin, Diperkirakan Jutaan Bungkus Terbagi untuk Jamaah

Muhammad Rizali, seorang jamaah haul Guru Sekumpul dari Tanah Bumbu mengaku sengaja membeli aneka penganan dari Martapura untuk oleh-oleh dari Martapura.

“Saya bersama rombongan jamaah haul Abah Guru Sekumpul dari Tanah Bumbu belanja kue-kue kering dengan kuliner untuk jadi oleh-oleh di kampung,” ucap Rizali.(jejakrekam)

Penulis Syahminan
Editor Didi GS

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.