Selasa Lusa, Surat Suara HST Dikirim ke Barabai, Empat Kabupaten Menyusul

0

DISTRIBUSI surat suara untuk lima kabupaten yang belum mendapat logistik paling vital di Pemilu 2019, dipastikan akan berlangsung dalam sepekan ini. Untuk kebutuhan KPU Hulu Sungai Tengah (HST) akan dikirim total pada Selasa (12/3/2019) lusa.

SEKRETARIS KPU Provinsi Kalsel Basuki mengakui surat suara yang dikirim ke KPU HST di Barabai, rencananya diantar pada Senin (11/3/2019) besok. Namun, mengingat padatnya arus balik haul akbar ke-14 Guru Sekumpul dari Martapura ke arah Hulu Sungai, terpaksa ditunda pada Selasa (12/3/2019) lusa.

“Kami khawatir nantinya saat didistribusikan pada Senin besok, terjadi kemacetan karena arus balik dari jamaah haul Guru Sekumpul. Jadi, untuk amatnya, truk kontainer yang mengangkut surat suara diundur pada Selasa lusa ke Barabai,” kata Basuki kepada jejakrekam.com di Banjarmasin, Minggu (10/3/2019).

BACA : Surat Suara Pemilu 2019 untuk KPU HST Sudah Dikirim dari Solo

Usai surat suara KPU HST beres, Basuki mengatakan tinggal menyusul empat kabupaten yang belum menerima surat suara yakni Kabupaten Balangan, Hulu Sungai Utara (HSU) dan Tabalong, serta KPU Tanah Bumbu yang diterima di masing-masing daerah.

Berdasar informasi yang dihimpun jejakrekam.com dari KPU Kalsel, data yang dikirim pihak percetakan dan ekspedisi untuk surat suara bagi KPU Tanah Bumbu dan Balangan akan dikirim dua kontainer dari Solo, Jawa Tengah pada Senin (11/3/2019).

Untuk surat suara yang diangkut bagi KPU Tanah Bumbu seberat 29 ton, dan Balangan 11 ton. Rinciannya, 40 pack berisi surat suara untuk DPR RI, DPRD provinsi, DPRD kabupaten, dan 40 pack berisi surat Pilpres dan DPD RI, termasuk semua item surat suara untuk KPU Balangan.

BACA JUGA :  Ada Lima Kabupaten di Kalsel Belum Terima Kiriman Surat Suara

Gilirannya pada Selasa (14/3/2019), dikirim lagi dari pihak percetakan di Solo, untuk surat suara KPU HSU sebanyak 20 ton dan KPU Tabalong seberat 22 ton. Terakhir, untuk surat suara gelombang ketiga bagi KPU Banjar dikirim pada Rabu (15/3/2019) yang diangkut dengan truk kontainer dengan muatan 26 ton, berisi semua item surat suara.(jejakrekam)

 

Penulis Asyikin
Editor Didi GS

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.