Prabowa Batal, Cak Imin Hadir, Sandiaga yang Berangkat ke Haul Guru Sekumpul

CALON Presiden nomor urut 02, Prabowo Subianto dipastikan bakal menghadiri haul akbar ke-14 Syekh Muhammad Zaini Abdul Ghani atau Guru Sekumpul. Sebagai penggantinya, sang calon wakil presiden 02, Sandiaga Uno datang untuk membaur bersama lautan jamaah memperingati hari wafatnya ulama kharismatik Kalsel tersebut.

SANDIAGA Uno diagendakan akan tiba di Bandara Syamsudin Noor pada Minggu (10/3/2019) malam, sekitar pukul 18.10 Wita dengan pesawat pribadi dari Bandara Husein Sastranegara, Bandung. Begitu tiba di Bandara Syamsudin Noor, rombongan langsung menuju ke Sekumpul Martapura.

“Pak Prabowo positif batal menghadiri haul Abah Guru Sekumpul. Kami masih menunggu kedatangan Bang Sandi yang akan menggantikan Pak Prabowo ke Kalsel,” ucap Ketua Relawan Barisan untuk Prabowo-Sandi Kalsel, Syahmardian kepada jejakrekam.com, Minggu (10/3/2019).

BACA :  Cuaca Mendung, dari Atas Sekumpul Terlihat Lautan Jamaah Haul Memutih

Dia mengakui ada hal teknis yang membuat Prabowo Subianto batal menghadiri haul akbar ke-14 di Sekumpul, Martapura. Ini ditambah ada agenda apel akbar yang berlangsung di Banten harus dihadiri Prabowo Subianto, sehingga tak bisa lagi mengejar waktu ke Banjarmasin.

“Makanya, Bang Sandi yang hadir, dan kami masih menunggu di kawasan Bandara Syamsudin Noor untuk menyambut kedatangannya. Ya, dari agenda, pesawat yang ditumpangi Bang Sandi, baru tiba pada pukul 18.10 Wita,” tutur Syahmardian.

Menurut dia, begitu usai acara haul akbar di Sekumpul, Sandiaga Uno langsung balik ke Jakarta dngan pesawat pribadi pada malam itu. “Jadi, usai dari haul langsung pulang ke Jakarta. Tak ada agenda apa pun, murni untuk menghadiri haul Abah Guru Sekumpul,” ucapnya.

Sementara itu, Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar tiba di Sekumpul di jalur VVIP, ditemani Bupati Banjar H Khalilurrahman. Sayangnya, Cak Imin-sapaan akrabnya enggan memberikan komentar kepada awak media yang menunggunya.

Cak Imin pun langsung bergegas bergabung dengan ribuan jamaah yang telah menempati kawasan Mushalla Ar Raudhah, terutama di depan Kubah Guru Sekumpul.

BACA JUGA :  Kedatangan Prabowo ke Haul Masih Tentatif, Sandiaga Uno Dikabarkan Jadi Penggantinya

Sementara itu, Ketua PC Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Kabupaten Banjar, Rusdinor mengatakan penolakan terhadap kedatangan Prabowo atau siapa pun yang memanfaatkan acara haul menjadi ajang politik.

“Ini merupakan komitmen kita bersama agar acara haul Abah Guru Sekumpul harus bebas atau steril dari kegiatan politik. Buktinya, alat peraga kampanye (APK) caleg pun telah diturunkan. Hal ini merupakan kesepatan semua parpol peserta Pemilu 2019,” ucapnya.(jejakrekam)

Penulis Asyikin/Tim
Editor Didi GS