Pilih Membaur dengan Jamaah Haul, Paman Birin Imami Shalat Maghrib

MOMENTUM haul akbar ke-14 Syekh Muhammad Zaini Abdul Ghani atau Guru Sekumpul, dimanfaatkan Gubernur Kalsel Sahbirin Noor untuk membaur bersama para jamaah, Minggu (10/3/2019) sore.

GUBERNUR yang akrab disapa Paman Birin ini tak memilih masuk ke ruangan utama di Mushala Ar Raudhah, tapi lebih memilih bergabung dengan jamaah yang berada di luar areal VIP haul Guru Sekumpul.

Dengan mengendarai sendiri mobilnya, Paman Birin pun sempat terjebak macet. Saat itu, Paman Birin tengah melintas di kawasan Kampung Melayu Martapura. Hingga akhirnya, Paman Birin memilih memarkir mobil pribadi, dan berjalan kaki hingga ke kawasan Sekumpul.

Dengan berjalan kaki di tengah kerumuman massa, Paman Birin pun menyalami satu per satu jamaah haul dan relawan yang bertugas selama perhelatan peringatan hari wafatnya ulama kharismatik Banua tersebut.

BACA :  Luar Biasa, Dua Juta Umat Hadiri Haul Akbar ke-14 Guru Sekumpul

Begitu tiba di kawasan VIP area haul Guru Sekumpul, justru memilih duduk bersimpuh bersama jamaah lainnya di luar pagar Mushalla Ar Raudhah. Kesempatan ini pun dimanfaatkan para jamaah itu berswafoto dengan orang nomor di Pemprov Kalsel ini, usai shalat Ashar hingga menunggu waktu datangnya shalat Maghrib.

Namun, saat adzan Magrib berkumandang dan saat jamaah lainnya menyusun shaf untuk melaksanakan shalat berjamaah, Paman Birin langsung mengambil tempat menjadi imam. Sedangkan, para tamu VIP yang berkumpul langsung mengambil tempat di belakang samg gubernur.

BACA JUGA : Menu Wajib Nasi Samin, Diperkirakan Jutaan Bungkus Terbagi untuk Jamaah

Membludaknya jamaah haul Guru Sekumpul ke-14 yang berhadir, di mata Paman Birin merupakan sebuah anugerah karena semua ingin mencari keberkahan seorang waliyullah. “Alhamdulillah, jamaah haul Abah Guru Sekumpul tahun ini diperkirakan lebih dari tahun lalu, mudah-mudahan yang hadir mendapatkan keberkahan,” ujar Paman Birin singkat.

Tidak hanya berbaur dengan masyarakat, momen haul Guru Sekumpul ke-14 ini, juga dimanfaatkan Paman Birin dengan membuka posko yang mana membagikan snack, air mineral hingga pemberian BBM gratis bagi jamaah yang melintasi kawasan Kampung Melayu Martapura.

BACA LAGI :  Cuaca Mendung, dari Atas Sekumpul Terlihat Lautan Jamaah Haul Memutih

Dengan dibantu Relawan Bergerak serta Relawan Alam Roh 8, jamaah yang hadir dilayani baik saat pembagian snack, air mineral hingga BBM gratis.

“Sehari sebelum hari puncak haul, paman Birin juga memberikan bantuan hampir 1.500 liter BBM jenis Solar yang mana dibagi kepada perahu atau kelotok yang mengangkut jamaah melalui jalur sungai yang melintasi kawasan Sungai Batang,” papar Muhammad Aspi, Pambakal Sungai Batang.(jejakrekam)

Penulis Balsyi
Editor Didi GS