Cuaca Mendung, dari Atas Sekumpul Terlihat Lautan Jamaah Haul Memutih

0

CUACA mendung meliputi langit di atas kawasan Sekumpul, Minggu (10/3/2019). Sempat turun hujan pada subuh hari, lautan manusia untuk mengikuti puncak haul akbar ke-14 Syekh Muhammad Zaini Abdul Ghani atau Guru Sekumpul, terus memutihkan kawasan itu.

USAI shalat Ashar berjamaah yang dipimpin seorang imam dari Mushalla Ar Raudhah, jamaah terus berdatangan, karena puncak ritual haul akan berlangsung pada malam Senin.

Para jamaah pun sebagian besar menggelar sajadah di ruas jalan di seputaran Komplek Sekumpul, Martapura. Ini karena di kawasan utama sudah menyemut. Apalagi, sebelumnya, pada malam Ahad, zikir dan shalawat sudah berkemundang di seputar kubah Guru Sekumpul.

Pantauan jejakrekam.com dari atas bangunan di kawasan Sekumpul, tampak jamaah makin menyemut dan terus merengsek masuk ke beberapa lokasi berkumpulnya ribuan jamaah. Begitupula, para relawan pun tampak sibuk melayani dan menuntun jamaah agar tak menumpuk di satu lokasi saja.

BACA :  Kedatangan Prabowo ke Haul Masih Tentatif, Sandiaga Uno Dikabarkan Jadi Penggantinya

“Kami sudah bertugas di kawasan pada siang dan malam hari, termasuk saat puncak peringatan haul akbar Abah Guru Sekumpul,” kata Fahrul Raji, relawan dari Kerukunan Keluarga Bakumpai (KKB).

Bagi dia, menjadi relawan mendapat kebahagiaan luar biasa karena selain beribadah membantu jamaah yang datang dari berbagai daerah. Menurut dia, bersama relawan lainnya, mereka bertugas membantu kelancaran agenda haul seperti mengatur lalu lintas di lingkungan sekumpul,membagikan konsumsi hingga menata parkir.

Sementara itu, Sekretaris Umum KKB Muliadi Rahman mengatakan lebih dari 40 relawan KKB yang diterjunkan bergabung relawan lainnya demi kelancaran agenda haul akbar ke-14 ini.

“KKB mendirikan dua posko tak jauh dari Mushalla Ar Raudhah, selain menerjunkan relawan KKB juga menyalurkan sekitar 10.000 snack yang dibagikan kepada para jamaah,” kata Yadi, panggilan akrabnya.

BACA JUGA :  Sekumpul Menjelma Jadi Lautan Manusia, Jamaah pun Dibikin Takjub

Selain menerjunkan relawan, KKB juga mengoperasikan ambulance dan tenaga medis yang setiap sedia untuk hal darurat. “Alhamdulillah KKB tahun ini ikut berpartisipasi dalam haulan Abah Guru dengan menerjunkan relawan, semoga tahun depan kita bisa berpartisipasi,” tandas Yadi.

Dalam haulan ke-14 ulama kharismatik Syekh  Muhammad Zaini Abdul Ghani yang digelar dari hari Sabtu hingga Senin, 9-11 Maret 2019, diprediksi ada jutaan jamaah yang hadir dari berbagai daerah di Indonesia termasuk jamaah asing dari luar negeri.(jejakrekam)

Penulis Ahmad Husaini/Syarbani
Editor Didi GS

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.