Ribuan Jamaah Mulai Berdatangan, Warga Sekumpul Buka Dapur Umum

0

RIBUAN jamaah yang akan menghadiri haul akbar ke-14 Syekh Muhammad Zaini Abdul Ghani atau Sekumpul, mulai berdatangan ke Martapura, Sabtu (9/3/2019). Informasinya, dari arah Hulu Sungai saat melintas di ruas Jalan Achmad Yani, Astambul dan Pingaran terlihat padat merayap.

SEMENTARA itu, warga Sekumpul selaku tuan tuan peringatan hari wafatnya ulama kharismatik ke-14 ini, tampak sibuk mendirikan dapur umum untuk keperluan para jamaah yang diperkirakan akan datang jutaan umat.

“Ya, kawasan Sekumpul sejak beberapa hari termasuk hari ini sudah mulai dipadati ribuan jamaah yang datang. Mereka datang dari berbagai penjuru, tak hanya dari Kalimantan Selatan, tapi juga luar Kalsel,” ucap Ahmad Zaki, warga Sekumpul kepada jejakrekam.com, Sabtu (9/3/2019).

Kesibukan juga terlihat di dapur umum Taufik yang dikelola warga seputaran komplek Sekumpul. Menurut Zaki, untuk keperluan jamaah haul, memang banyak berdiri warung-warung makan gratis.

BACA :  Kapolri dan Kapolda Kalsel Sumbang Sapi untuk Haul ke-14 Guru Sekumpul

“Namun, jumlahnya sedikit dibandingkan warga di seputaran Sekumpul yang menyiapkan makan gratis bagi jamaah yang datang. Tradisi ini sudah berlangsung tahunan, sehingga warga Sekumpul sudah terbiasa,” kata Zaki.

Dia mengakui kebanyakan menu yang disajikan dan menjadi andalan makanan khas Martapura adalah nasi samin dengan lauk daging sapi dan kambing.

“Hari dan besok saat puncak peringatan haul akbar Abah Guru Sekumpul, sudah dipastikan akan datang lebih dari ratusan ribu dan mungkin jutaan jamaah yang memadati seputaran Sekumpul, Martapura. Makanya, warga di sekitar Sekumpul sudah memasak sejak hari ini hingga besok untuk memberi makanan gratis dengan menu berbeda-beda setiap rumahnya,” beber Zaki.

Sejumlah warga asal Amuntai, H Didi Bukhari melaporkan terjadi kemacetan di ruas jalan arah Hulu Sungai menuju Martapura, akibat banyaknya rest area, sehingga antrean panjang pun terjadi di ruas jalan utama. Apalagi, jamaah yang datang tak hanya dari Kalsel, terlihat dari plat mobil asal Kalteng dan Kaltim turut membaur.

BACA JUGA :  Mulawarman Peduli: Rest Area Disiapkan Kodim Kandangan Haul ke-14 Guru Sekumpul

Beberapa warga Banjarmasin pun mulai berangkat untuk bermalam di Sekumpul secara berombongan. Mereka ingin berangkat lebih cepat, khawatir nantinya akan terjebak macet di jalan.

Akhmad Yani, warga Alalak Tengah, Banjarmasin pun memilih berangkat rombongan dengan sepeda motor menuju ke Sekumpul, Martapura. Mereka berharap bisa berada di shaf terdepan di Mushala Ar Raudhah, Martapura saat puncak peringatan haul akbar Guru Sekumpul yang akan berlangsung pada Ahad (9/3/2019) malam.(jejakrekam)

 

Penulis Syahminan
Editor Didi GS

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.