ACT

Empat Nama Masuk Bursa Bakal Calon Wakil Bupati HST

0 873

EMPAT nama sementara masih mendominasi bursa calon Wakil Bupati Hulu Sungai Tengah (HST) yang tengah dijaring tiga parpol pengusung Abdul Latif-HA Chairansyah pada Pilkada 2015 silam.

USAI Abdul Latif diberhentikan Mendagri Tjahjo Kumolo, posisinya sebagai Bupati HST periode 2016-2021 diisi sang wakil, HA Chairansyah dan telah dilantik oleh Gubernur Kalsel Sahbirin Noor pada Jumat (1/3/2019) lalu.

Empat nama bersaing memperebutkan posisi yang ditinggalkan HA Chairansyah adalah Berry Nahdian Furqan, politisi PDI Perjuangan yang juga Sekretaris PWNU Kalsel. Lalu, Akhmad Rozanie Himawan Nugraha, anggota DPRD Banjar dari Partai Nasdem, dan Muhammad Sampurna, anggota DPRD HST dari Partai Bulan Bintang (PBB), dan terakhir Staf Ahli Gubernur Kalsel Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Achmad Sofiani yang juga mantan Kepala Dinas PUPR Kalsel.

BACA :  Dukung Save Meratus, Rozanie Siap Dampingi Bupati HST HA Chairansyah

Ada tiga parpol pengusung yang berhak mengusulkan dua nama untuk nantinya disetujui Bupati HA Chairansyah dan selanjutnya dipilih lewat voting di DPRD HST untuk menentukan wakil bupati terpilih. Tiga parpol itu adalah Partai Gerindra, PBB dan PKS.

Sedangkan, DPD PKS HST pun telah membuka pendaftaran dan penjaringan bakal calon wakil bupati dalam dua pekan ini. Bermodal tiga kursi di DPRD HST, PKS agak terlambat dibandingkan dua parpol lainnya yang telah membuka penjaringan kandidat.

BACA JUGA :  Jika Diusung Jadi Calon Wabup HST, Berry Siap Mundur dari Caleg DPR

“Sejak dibuka hingga hari ini, sudah ada sejumlah nama yang telah mendaftarkan diri ke PKS. Jadi, kami masih membuka pendaftaran dan akan disampaikan siapa saja yang telah resmi mendaftar ke PKS,” kata Ketua DPD PKS Kabupaten HST, H Faqih Jarjani kepada jejakrekam.com, Jumat (8/3/2019).

Faqih menegaskan syarat bagi para figur wakil bupati sesuai visi-misi Pemkab HST untuk berkomitmen menolak tambang dan perkebunan sawit di daerah. “Semua komitmen ini sudah kami sampaikan kepada para calon wakil bupati yang mendaftar ke PKS,” kata mantan Wakil Bupati HST ini.

BACA LAGI :  Jaga Meratus, Bupati HST HA Chairansyah Komitmen Lawan Tambang dan Sawit

Terpisah, Ketua DPC Partai Gerindra HST H Rahmadi mengungkapkan sudah mengantongi dua nama yang akan diusulkan ke Bupati HA Chairansyah untuk dipilih dan selanjutnya diusulkan ke dewan. “Memang, kami belum menyampaikan dua nama calon wakil bupati ini ke Ketua DPD Partai Gerindra Kalsel,” kata Rahmadi lagi.

Sementara itu, Akhmad Rozanie Himawan Nugraha mengaku serius untuk masuk bursa wakil bupati. Hal ini dibuktikan telah mendaftarkan diri ke DPD PKS HST pada Kamis (7/3/2019).

“Saya datang sendiri menyerahkan berkas pendaftaran kepada Ketua DPD PKS HST H Faqih Jarjani di kantornya di Barabai,” kata Rozanie.

BACA LAGI :  Nama Wakil Bupati HST Berada di Tangan Yusril Ihza Mahendra

Begitupula, Achmad Sofiani mengatakan telah mengirim utusan untuk mendaftarkan dirinya sebagai bakal calon wakil bupati ke parpol pengusung.

“Saya mengutus perwakilan untuk menyerahkan berkas pendaftaran sebagai calon wakil bupati kepada DPD PKS HST di Barabai yang menjadi salah satu parpol pengusung pada Jumat (9/3/2019) ini di Barabai,” pungkas Sofiani.(jejakrekam)

Penulis Syahminan
Editor Didi GS

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.