Risalah Shalat Karya Moh Rifai, Buku Terlaris Sepanjang Masa di Indonesia

BUKU apa yang paling dicari dan dibeli masyarakat di Indonesia. Bukan novel apalagi otobiografi para tokoh terkenal dunia dan Indonesia, ternyata buku itu berisi bimbingan bagi umat Islam untuk melaksanakan shalat sebagai landasan utama agama.

TAK mengherankan jika buku berjudul Risalah Tuntunan Shalat Lengkap itu ditahbiskan sebagai buku terlaris sepanjang masa di Indonesia dalam Islamic Book Fair (IBF) 2019 di  Balai Sidang Jakarta Convention Center (JCC), Jumat (1/3/2019).

Berkat buku yang ditulis dan dicetak sejak 1976 ini, banyak umat Islam di Indonesia baik tua, dewasa maupun anak-anak bisa belajar mengenai tata cara shalat yang benar sesuai tuntunan agama Islam.

Buku Risalah Shalat Lengkap ini ditulis Drs Moh Rifai yang awalnya diterbitkan CV Toha Putra Semarang, dan kini menjadi PT Toha Putra Semarang.   Sebagian besar orang dewasa di Indonesia dari usia kakek, nenek, ayah, ibu dan lainnya belajar shalat dengan membaca buku. Salah satu buku yang paling banyak dibeli dan dibaca adalah Risalah Tuntunan Shalat Lengkap karya Drs Moh Rifai.

Buku Risalah Tuntunan Shalat Lengkap ini sudah puluhan kali dicetak ulang oleh penerbit PT Karya Thoha Putra Semarang. Penulis dan Penerbit buku ini akhirnya menerima penghargaan Life Time Achievment.

Penghargaan diberikan Panitia Islamic Book Fair (IBF) dan karena buku Risalah Tuntunan Shalat Lengkap dinilai sangat berharga dan bermanfaat bagi umat muslim di Indonesia. Selain itu buku ini dinilai buku yang paling laris sepanjang masa di Indonesia sejak terbit pertama di tahun 1976.

Buku terdiri dari 6 bab ini diawali dengan pengantar hukum Islam soal pengertian dari mukallaf, hukum-hukum Islam dan syarat dan rukun serta membahas dua kalimat syahadat. Selanjutnya, di bab II menguraikan soal thaharah (bersuci) membagi macam-macam air, najis, istinja, serta adab buang air.

Buku setebal 127 halaman itu, dalam setiap bab secara ringkas dan padat membahas dari masalah berwudhu, tayamum, masalah sunat dan wajib, azan dan iqamat, tuntunan shalat yang dilengkapi dengan huruf Arab dan latin, hingga macam-macam shalat yang dibahas teratur dalam setiap bab.

Dari keterangan panitia IBF 2019, buku Risalah Tuntunan Shalat Lengkap sejak pertama terbit, sampul dan warna buku tidak pernah berubah sampai sekarang. Sering dicetak ulang dan sudah sekitar 50 juta eksemplar atau copy diterbitkan sejak 10 November 1976.(jejakrekam)

Penulis Syahminan
Editor Didi GS
Anda mungkin juga berminat
Loading...
Kata mereka tentang jejakrekam.comhttps://www.youtube.com/watch?v=JMpxvqUGSc4&t=28s