Pemadam Kebakaran Sempat Ricuh dengan Sekuriti, Api Diduga Berasal dari Batubara Sauna

0

KERICUHAN sempat terjadi ratusan petugas pemadam kebakaran (damkar) dengan sekuriti Hotel Rattan Inn, Banjarmasin, saat memadamkan api di hotel berbintang yang terbakar, Selasa (26/2/2019) sore, sekitar pukul 17.30 Wita. Hal itu dipicu tindakan kasar sekuriti yang menarik seorang relawan damkar, karena ada miskomunikasi.

SEKURITI beranggapan api yang memicu asap membumbung tinggi di lantai 3, ruangan sauna dan spa itu sudah padam. Namun, lazimnya, petugas pemadam kebakaran beranggapan masih ada asap, sehingga harus didinginkan. Sedangkan, sekuriti tak ingin hotel kebanjiran, karena air sudah melimpah ruah, hingga menyerbu beberapa ruangan.

Untungnya, kericuhan ini sempat reda, usai dilerai petugas kepolisian yang membawa perwakilan relawan damkar dan sekuriti masuk dalam ruangan untuk didamaikan. Hingga tak memicu pertengkaran lebih lanjut.

BACA :  Diduga Korsleting Listrik, Ruang Spa dan Sauna Hotel Rattan Inn Terbakar

Sementara itu, Finance Control Hotel Rattan Inn Banjarmasin, Herijaya Gunawan menyebut pemicu kebakaran bukan disebabkan korsleting listrik, namun karena terbakarnya kayu di ruangan sauna khusus laki-laki di lantai 3 hotel tersebut.

“Mungkin karena batubaranya keluar. Yang pasti, kami belum tahu pasti penyebab kebakaran. Kalau korsleting listrik tidak mungkin terjadi, karena saat itu arus listrik mati saat kejadian,” kata Herijaya Gunawan.

Dia bersyukur tak ada korban jiwa dalam kejadian itu. Untuk menghitung kerugian yang diderita pihak hotel berbintang di Jalan Achmad Yani Km 5 Banjarmasin masih dalam perhitungan. “Syukurnya, usai api berhasil dipadamkan, aktivitas hotel kembali normal. Apalagi, ruangan sauna yang terbakar itu ukuran kecil,” kata Herijaya Gunawan.

Sementara itu, beberapa tamu yang berada di luar areal parkir mengaku sempat terkejut ketika ada kepulan asap yang menyembul dari balik ruangan. Mereka pun diberitahu petugas hotel untuk keluar dari kamar. Apalagi, bunyi alarm kebakaran cukup nyaring terdengar, sehingga para tamu pun bergegas menyelamatkan diri.

BACA JUGA :  Selama Januari, 11 Kali Kebakaran, Menurun di Februari Hanya Tiga Kejadian

Kapolsek Banjarmasin Selatan, Kompol Najamuddin Bastari juga membenarkan bahwa ruangan yang terbakar hanya ruangan sauna di lantai 3 Hotel Rattan Inn. “Untuk keperluan penyelidikan, kami sudah melakukan olah tempat kejadian perkara. Yang pasti, penyebab pasti akan diselidiki lebih mendalam, karena anggota sedang menyelidikinya,” tandasnya.(jejakrekam)

Penulis Balsyi
Editor Didi GS

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.