Peringati HPSN, Satpolair Tanbu Bersihkan Pesisir Pantai

0

PARTISIPASI Polri, khususnya Polda Kalsel terhadap lingkungan dalam rangka Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) tahun 2019 terus berlanjut hingga ke daerah.

HAL ini terlihat di Kabupaten Tanah Bumbu dimana jajaran Satpolair Polres Tanah Bumbu bersama instansi terkait dan masyarakat Desa Pejala, Juku Eja, dan Wiritasi Bahu juga membahu membersihkan pesisir Pantai Bahari, Pagatan, Kecamatan Kusan Hilir, Kabupaten Tanah Bumbu, Kamis (21/2/2019).

BACA: Ditreskrimsus Polda Kalsel Cebur ke Sungai

Dalam kegiatan itu, Satpolair Polres Tanbu menerjunkan 25 anggota menuju lokasi dengan membawa keranjang sampah, kantong plastik, skop dan peralatan lainnya. Ikut serta dalam kegiatan itu berbagai instansi, seperti Dinas Lingkungan Hidup Tanbu, Koramil Pagatan, pihak kecamatan dan sejumlah tokoh masyarakat.

Kapolres Tanah Bumbu melalui Kasatpolair, AKP Parman mengatakan, hasil dari kegiatan bersih-bersih pesisir Pantai Bahari ini berupa sampah organik seperti plastik yang beratnya mencapai 1,5 ton. “Sedangkan untuk sampah non organik seperti kayu, batang kelapa, kulit Durian dan yang lainnya mencapai 2 ton,” jelas AKP Parman.

BACA JUGA: Dipimpin Irjen Yazid Fanani, Polda Kalsel Bersih-bersih Sampah

Melalui kegiatan ini, sebut Parman, diharapkan masyarakat setempat  dapat merubah pola hidup untuk menjaga kebersihan dengan membuang sampah pada tempatnya.

Namun demikian, Parman cukup menyayangkan tidak adanya tempat pembuangan sampah di sekitar pesisir pantai desa tersebut. Oleh karena itu ia berharap ini dapat menjadi atensi dinas terkait. ”Kesadaran masyarakat masih minim dan ini berdampak terhadap kondisi pesisir pantai yang kotor akibat sampah yang menumpuk ditambah tidak adanya bak sampah,” jelas AKP Parman.(jejakrekam)

Penulis Iman S
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.