Kue yang Dikonsumsi Siswa SMA Banua Tercemar Bakteri Salmonella

JAJARAN Polsek Gambut melakukan konfirmasi ke SMA Banua, Kalsel. Tindakan itu dilakukan terkait adanya informasi dari masyarakat tentang adanya beberapa pelajar SMA Banua, Jalan Ahmad Yani KM 17.200, Gambut, yang diduga keracunan makanan.

PIHAK kepolisian meminta konfirmasi kepada pihak sekolah, yang diterima Kabid Bina SMA Disdikbud Kalsel Muhammadun dan Kepala SMA Banua Kalsel M Syukrani.

Awal mula kejadian, pada Rabu (13/2/2019) siang, ada beberapa pelajar izin tidak masuk sekolah karena mengalami sakit perut, muntah, dan pusing.

Kemudian para pelajar tersebut dilakukan pemeriksaan di Poliklinik SMA Banua, yang selanjutnya diberikan obat dan dilakukan pemantauan terhadap siswa yang berobat. Kemudian, pada malam harinya sekitar pukul 23.00 Wita, ada beberapa pelajar berdatangan ke Poliklinik SMAN Banua karena mengalami sakit yang sama dengan pelajar sebelumnya.

Selanjutnya, pihak sekolah merujuk ke RSUD Ulin sebanyak 8 pelajar. Dimana, pada pukul 03.00 Wita kedelapan pelajar tersebut dirawat jalan, sedangkan dua pelajar lebih memilih diperiksa lebih lanjut ke RS Sari Mulia, berdasarkan keinginan orang tuanya.

BACA : Usai Santap Kue di Kantin, 9 Siswi SMA Banua Kalsel Alami Keracunan

Kemudian pada Kamis (14/2/2019), pihak sekolah berinisiatif melakukan pemeriksaan terhadap para pelajar yang mengalami gejala mual dan pusing sejumlah 38 orang di RS Kartika Banjarbaru, setelah dilakukan pemeriksaan melalui tes darah, hasilnya ada 7 pelajar yang dilakukan rawat inap karena positif terkena bakteri Salmonella, sedangkan 31 pelajar rawat jalan.

Dari keterangan pihak sekolah, yang didasarkan hasil laboratorium Klinik Medika melalui pemeriksaan darah terhadap para pelajar, maka para pelajar tersebut positif terkena bakteri Salmonella, yang biasanya diakibatkan karena makanan yang dihidangkan tidak higenis. Bagi pelajar yang daya tahan tubuhnya tidak kuat akan terkena bakteri Salmonella, sehingga mengakibatkan timbulnya penyakit tipes.

Pelajar yang rawat inap yang sakit tipes akibat dari bakteri Salmonella di RS Sari Mulia adalah Sulistiawati dan Dania. Kemudian, di RS Kartika Banjarbaru, yakni Tata, Narisa, Namira, Nabila, Risma, Hana Tasnim, Rosintan.

Dari hasil pemeriksaan itu, diduga tidak terdapat zat kimia pada bahan makanan kue sus yang dikonsumsi para pelajar itu, sehingga hal tersebut tidak dapat dikatakan sebagai keracunan, tapi hanya saja makanan tersebut tidak higenis yang tercemar bakteri Salmonella.(jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Andi Oktaviani
Anda mungkin juga berminat
Loading...