Stok Melimpah, Harga Wortel dan Kentang Meroket Turun

MELIMPAHNYA pasokan sayur mayur dari Jawa seperti wortel dan kentang membuat harga komoditi ini mengalami penurunan harga yang cukup signifikan di pasaran.

BERDASARKAN pantauan jejakrekam.com di Pasar Sentra Antasari, harga kentang saat ini Rp 15 ribu per kilogram. Dibandingkan awal tahun lalu harganya mencapai Rp 40 ribu per kilogram.

BACA : Pasokan Berlimpah, Harga Ikan Air Tawar dan Laut Anjlok

“Turunnya harga kentang saat ini cukup jauh, dibanding diawal tahun kemarin, karena pada waktu itu cuaca yang ekstrim membuat pengiriman dari Jawa terhenti,” kata Aulia salah satu pedagang sayur mayur di Pasar Sentra Antasari Banjarmasin, Senin (11/2/2019).

Lantas bagaimana dengan harga wortel? Aulia menambahkan, untuk  kualitas yang baik dijual  Rp 16.000 perkilo dari sebelumnya Rp 20.000 hingga Rp 25.000 per kilogram.

BACA JUGA: Pengaruh Imlek, Harga Telur Ayam Kampung Meroket

Ia memprediksi harga seperti ini akan bertahan mengingat cuaca cukup baik dan pasokan dari Jawa atau daerah kabupaten pengahasil sayur masih aman ke Banua. “Harga ini akan bertahan. Kalaupun ada kenaikan jika ada kendala dalam faktor pengiriman yang tersendat,” jelasnya.

Jika wortel dan kentang harganya turun drastis berbeda dengan cabai rawit yang harganya masih tetap pedas di pasaran. “Cabai rawit saat ini harganya Rp 20 ribu per kilogram dari sebelumnya Rp 18 ribu per kilogram. Kenaikan ini karena stok  stok  yang mulai berkurang di pasaran,” jelasnya.(jejakrekam)

Penulis Akhmad Faisal
Editor Fahriza
Anda mungkin juga berminat
Loading...