Berawal dari Grup WA, Habaib dan Muhibbin Bentuk Organisasi Perkumpulan

KEREKATAN para habaib dan pencinta keturunan Rasulullah SAW atau muhibbin, tampak terlihat dalam haul orangtua Habib Salam Baharun di Sekretariat Perkumpulan Bersilaturahim Berkah (PBB) di Jalan Achmad Yani Km 5,5, Komplek Karya Mandiri RT 23 Kelurahan Pemurus Dalam, Banjarmaisn, Senin (11/2/2019).

DALAM pertemuan rutin bulanan itu, organisasi sosial kemasyarakatan ini pun berencana akan dikuatkan dengan badan hukum.

“Awalnya, perkumpulan ini hanya sebuah grup WA, hingga akhirnya diusulkan berbadan hukum. Saat ini, kami sudah menyusun anggaran dasar dan anggaran rumah tangga (AD/ART),” ucap Hamdani Alkaff kepada jejakrekam.com, Senin (11/2/2019).

Pria yang juga seorang advokat ini memastikan dalam dua bulan ke depan, organisasi Perkumpulan Bersilaturahim Berkah ini akan rampung untuk badan hukumnya.

“Saat ini, jumlah anggota organisasi perkumpulan ini mencapai 145 orng. Dua tahun lalu telah dibuatkan notaris untuk mendapat badan hukum dari Kementerian Hukum dan HAM,” kata Hamdani.

BACA :  Haul Habib Abdullah di Alalak Jadi Ajang Reuni Keluarga Besar Al Balghaits

Ketua Perkumpulan Bersilaturahim Berkah Habib Hidayatullah Assegaf mengungkapkan tujuan organisasi ini untuk menyatukan keluarga habaib, ulama, tokoh masyarakat serta para muhibbin.

“Kami mengutamakan untuk menghilangkan perbedaan serta menggelorakan syiar Islam. Jadi, apapun unsurnya, tujuannya tetap satu menyatukan umat Rasulullah SAW,” papar Habib Hidayatullah Assegaf.

Menurut dia, berdasar aturan yang telah disepakati, pertemuan rutin digelar dua kali dalam sebulan diisi dengan pengajian keagamaan serta silaturahim antar anggota.

“Untuk menopang kegiatan itu, ada iuran bulan dari setiap anggota. Saat ini, jumlah anggota mencapai 145 orang, dan kemungkinan akan bertambah lagi. Bagi anggota baru, cukup menyerahkan foto berwarna dan fotokopi KTP,” ucapnya.

BACA JUGA :  Ribuan Jamaah Memutih di Haul Akbar ke-19 Habib Hasan Al-Kaff

Ke depan, menurut Hidayatullah, organisasi ini akan membuat amal usaha seperti warung, toko sembako serta koperasi simpan pinjam bagi anggota.

“Keuntungannya akan kita disisihkan untuk membantu para habib dan syarifah yang berusia sepuh. Kebanyakan para janda dari kalangan syarifah patut dibantu. Kami juga membantu para ustadz atau ulama yang berusia sepuh,” tuturnya.

Menurut Hidayatullah, banyak anggota yang terkena musibah kebakaran dan bencana alam yang memerlukan uluran tangan.  “Berawal dari keprihatinan bersama ini melahirkan organisasi perkumpulan ini. Semoga apa yang dihajatkan dikabulkan dan diridhai Allah SW,” imbuhnya.(jejakrekam)

Penulis Sirajuddin
Editor Didi GS
Anda mungkin juga berminat
Loading...