Awasi Kegiatan Ekspor-Impor, Bea Cukai Resmikan Pos Rajawali di Mantuil

0

GUNA memperkuat dalam pengawasan kinerja Bea dan Cukai Kalimantan Bagian Selatan dalam pengawasan kegiatan ekspor dan impor, khususnya di perairan Kalimantan Selatan, dibangun satu pangkalan yang berfungsi sebagai posko kapal patroli dibangun di kawasan Mantuil Banjarmasin.

POSKO ini sebelumnya sudah di resmikan penggunaannya pada Kamis (7/2/2019) yang lalu,” ujar Wicaksono, Kepala Kantor Wilayah Dirjen Bea dan Cukai Kalimantan Bagian Selatan, Senin (11/2/2019) siang.

BACA : Bea Cukai Banjarmasin Catat PT Adaro Penyumbang Devisa Terbesar

Menurut Wicaksono, adanya pangkalan kapal patroli ini karena seiring meningkatkan pengawasan terhadap kegiatan ekspor, impor di kawasan Kalimantan Selatan khususnya yang berada diperairan.

“Untuk memaksimalkan tugas dan fungsinya dalam pengawasan kegiatan ekspor impor, Bea Cukai menempatkan  tiga kapal patroli yaitu Kapal BC 10025, BC 10011, dan BC 15002 di posko Mantuil tersebut,” jelas Wicaksono.

Wicaksono menambahkan, pos pengawasan yang ada di Mantuil itu sendiri sebenarnya sudah pernah dibangun pada tahun 1970. Di mana, pada saat itu Bea Cukai masih aktif mengawasi perdagangan barang antar pulau maupun international. Namun, seiring perkembangan zaman yang merubah tugas dan fungsi Bea Cukai, posko di Mantuil ini menjadi kurang optimal dalam penggunaannya.

BACA JUGA: Penerimaan Kanwil Bea Cukai Kalimantan Bagian Selatan Melebihi Target

Terlebih, menurut Wicaksono, kondisi bangunan mengalami abrasi dan kelapukan bangunan, dan pada tahun 2018 lalu, hingga dilakukan pembangunan pos baru yang kemudian diberi nama Pos Rajawali.

“Pembangunan Pos Rajawali ini sejalan dengan program nasional yaitu mengaktifkan pengawasan antar pulau. Dalam beberapa rapat koordinasi, direncanakan pos ini menjadi benchmark bagi kantor lain, khususnya dalam penyediaan sarana pendukung guna pengamanan kapal patroli dan pengawasan barang tertentu di beberapa daerah pabean lainnya,” pungkas Wicaksono.(jejakrekam)

Penulis Balsyi
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.