Dirgahayu

Deklarasikan Pemilu Damai, Pemungutan Suara di Belanda Digelar 13 April Nanti

TAK hanya di tanah air, warga Indonesia yang bermukim di Belanda juga antusias menyambut perhelatan pesta demokrasi Pemilu 2019 yang digelar pada Rabu, 17 April 2019 nanti. Ada 17 organisasi terdiri dari perwakilan parpol, tim sukes, tim relawan dan organisasi kemasyarakatan Indonesia di Belanda, mendeklarasikan pemilu damai.

SOSIALISASI dan deklarasi damai Pemilu 2019 dihelat Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN)  Den Haag di Aula Nusantara KBRI Den Haag, Belanda, Sabtu (9/2/2019).

Duta Besar RI untuk Kerajaan Belanda, I Gusti Agung Wesaka Puja berharap proses demokrasi yang sudah digelar sejak 1998, makin mempersatukan segenap warga Indonesia, baik di tanah air maupun di negeri orang.

“Apalagi, Pemilu 2019 merupakan pemilu bersejarah bagi Indonesia, karena pertama kalinya pemilihan anggota DPR RI dan calon presiden-wakil presiden digelar serentak,” ucap Wesaka Puja.

BACA :  Ini Enam Tahap Pemutakhiran Daftar Pemilih Pemilu 2019 di Kalsel

Ketua PPLN Den Haag, Moeljo Wijono berharap saat ini di Belanda, telah ada perwakilan parpol, tim sukses dan organisasi relawan masing-masing capres-cawapres. “Untuk pemungutan suara di Belanda akan digelar pada Sabtu, 13 April 2019, lebih awal dari pelaksanaan pemilu di Indonesia pada Rabu, 17 April 2019,” kata Moeljo Wijono.

Meski lebih awal, Moeljo Wijono memastikan proses penghitungan suara tetap dilakukan pada 17 April 2019 serentak dengan proses serupa di tanah air.

Sementara itu, Ketua Panwaslu Luar Negeri Den Haag, Arie Purwanto berharap antusiasme warga Indonesia di Belanda, untuk menyalurkan hak suaranya pada Pemilu 2019 nanti.

“Saat ini, untuk WNI yang terdata dalam daftar pemilih tetap (DPT) di Belanda mencapai 11.744 orang. Terdiri dari 9.700 orang TPS dan 2.044 orang POS,” kata Arie Purwanto.

BACA JUGA :  Pemilih yang Tak Tercover di DPT, Silakan Daftar ke TPS

Ia menjelaskan ada pula 6 orang masuk dalam daftar pemilih tambahan (DPTb) dan 248 orang dalam daftar pemilih khusus (DPK). “Kami memprediksi jelang hari pemungutan suara nanti, banyak arga Indonesia yang akan mengunjungi Belanda, karena saat itu memasuki musim bunga tulip di bulan April,” imbuhnya.(jejakrekam)

 

 

Penulis Siti Nurdianti
Editor Didi GS