Bikin Paspor di Minggu Pagi, Ratusan CJH Banjarbaru Datangi Kanim Banjarmasin

PEREKAMAN data dan penerbitan paspor bagi calon jamaah haji (CJH) Kalsel mulai dilakukan Kantor Imigrasi (Kanim) Kelas I Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) Banjarmasin, Minggu (10/2/2019). Satu per satu, CJH yang akan bertolak ke Tanah Suci Makkah-Madinah tahun 2019, menjalani prosedur penertiban paspor haji.

SEDIKITNYA ada 153 CJH asal Kota Banjarbaru mendatangi Kantor Imigrasi Banjarmasin di Jalan Achmad Yani Km 22, Landasan Ulin, guna melengkapi persyaratan untuk perekaman data dan penerbitan paspor haji.

“Untuk pelayanan perekaman dan penerbitan dokumen negara berupa paspor bagi CJH embarkasi Banjarmasin, sengaja dibuka pada akhir pekan, hari Sabtu dan Minggu agar bisa dikhususkan bagi mereka,” kata Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Banjarmasin, Syahrifullah, saat memantau proses perekaman dan penerbitan paspor haji.

BACA :  Tunggu Keppres, Ongkos Naik Haji Tahun 2019 di Kisaran Rp 35 Juta

Ia memastikan meski di hari libur, para CJH asal Banjarbaru tetap mendapat pelayanan sesuai standar operasional prosedur yang berlaku di Kantor Imigrasi Banjarmasin. “Jadi, jika berkas persyaratan lengkap, maka proses perekaman dan penerbitan paspor bisa berlangsung cepat. Kami tak akan mempersulit untuk proses ini,” kata Syahrifullah.

Menurut dia, dalam pelayanan perekaman dan penertiban paspor, bagi CJH yang lanjut usia atau kondisinya kurang sehat, lebih didahulukan dibanding calon tamu Allah yang sehat dan muda.

“Pelayanan prima akan kami berikan. Bahkan, bagi yang tengah sakit dan tidak bisa datang ke Kantor Imigrasi Banjarmasin, kami terjunkan petugas untuk jemput bola ke kediaman yang bersangkutan,” ucap Syahrifullah.

BACA JUGA :  Tercatat, 2.027 CJH 2019 Kalsel Belum Mengantongi Paspor Haji

Dengan memberi jatah waktu khusus bagi CJH di akhir pekan, Syahrifullah berharap pelayanan yang diberikan bisa cepat, karena jika di hari biasa tentu relatif lebih sibuk serta tidak mengganggu pelayanan publik untuk pendaftaran pembuatan paspor secara online.

“Khusus untuk penerbitan paspor CJH akan cepat, terhitung sejak tiga usai melengkapi berkas administrasi, maka paspor akan segera diterbitkan,” katanya.

Bagi CJH yang berada di zona Hulu Sungai, Syahrifullah mengatakan bisa mengurus administrasi, perekaman data dan penerbitan paspor ke Unit Pelayanan Paspor (ULP) Barabai.

“Namun, pelayanannya untuk jam kerja normal sejak Senin hingga Jumat. Cakupan pelayanan ULP Barabai ini meliputi CJH asal empat kabupaten yakni Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Hulu Sungai Utara, Balangan dan Tabalong,” pungkas Syahrifullah.

BACA LAGI :  Pro Kontra Aturan Visa Rekam Biometrik bagi Calon Jamaah Haji dan Umroh

Pelayanan yang diberikan Kantor Imigrasi Banjarmasin pun dinilai Sariman, CJH asal Banjarbaru sangat bagus. Menurut dia, dengan pengkhususan hari pelayanan sangat membantu bagi CJH untuk mendapat perekaman data dan penerbitan paspor.

“Kami juga dibantu untuk melengkapi berkas persyaratan yang kurang, seperti fotocopy kartu keluarga dan pengisian formulir, langsung dibantu petugas Kantor Imigrasi Banjarmasin,” kata Sariman.

Dengan mengantongi paspor haji ini, Sariman mengaku tenang hingga nantinya bisa diberangkatkan menunaikan rukun Islam kelima bersama istri yang telah dinantinya selama sembilan tahun ini.(jejakrekam)

Penulis Balsyi
Editor Didi GS
Anda mungkin juga berminat
Loading...
Kata mereka tentang jejakrekam.comhttps://www.youtube.com/watch?v=JMpxvqUGSc4&t=28s