ACT MRI Sambangi Korban Kebakaran di Pelambuan

0

KOTA Banjarmasin seperti tak pernah sepi dari musibah kebakaran. Bahkan ketika saat ini sudah masuk musim penghujan.

SEPERTI yang terjadi Kamis (7/2/2019) kemarin, sekitar pukul 11.30 Wita, si jago merah telah menghanguskan enam rumah di Jalan Barito Hulu RT 51 RW 03, Kelurahan Pelambuan, Kecamatan Banjarmasin Barat.

Misraji, salah seorang korban mengaku terkejut dengan kejadian itu. Lelaki 34 tahun itu mengaku sedang berjualan di pasar saat kejadian berlangsung. “Tidak ada yang tersisa. Tapi Alhamdulillah, semua keluarga selamat,” ujarnya.

Merespon musibah tersebut, Aksi Cepat Tanggap (ACT) Kalsel bersama Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) Banjarmasin menyambangi lokasi.

Selain melakukan pendataan, tim juga menyerahkan bantuan berupa paket pangan, perlengkapan kebersihan dan pakaian layak. “Ini adalah bentuk respon cepat yang bisa kami lakukan. Semoga warga bisa menghadapi musibah ini dengan kesabaran,” ucap Maulidi perwakilan dari MRI Banjarmasin.

Misraji mewakili warga terdampak kebakaran mengaku terhibur dengan bantuan tersebut. “Terima kasih ACT MRI,” ucapnya.

BACA : Guru Zuhdi pun Ikut Memadamkan Kebakaran di Kampung Arab

Menurut penuturan warga, api diduga berasal dari arus pendek listrik salah satu warga. Saat api membesar, sebagian rumah yang terbakar sedang dalam keadaan kosong. Penghuninya rata-rata adalah pedagang, sehingga masih berada di pasar.

Dari total 6 rumah warga yang terkena bencana kebakaran, hampir semua rumah yang terkena kobaran api mengalami rusak berat. Warga berharap mendapatkan bantuan untuk membangun rumah yang baru.

Muhammad Budi Rahman Wahid selaku tim Program ACT Kalsel menyampaikan bahwa kejadian kebakaran yang sering terjadi di Kalsel, khususnya Banjarmasin sudah seharusnya menjadi perhatian semua pihak.

Di Pelambuan, bebernya, sudah yang kedua kali ACT melakukan respon bencana. Yang pertama pada 2018 lalu. “Di satu sisi kita sebenarnya punya banyak pemadam kebakaran bahkan di tingkat kelurahan. Mungkin ke depan kita bisa intensif memberikan edukasi ke warga terkait upaya pencegahan musibah kebakaran,” kata Budi.(jejakrekam)

Penulis Retno Sulisetiyani/ACT Kalsel
Editor Andi Oktaviani

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.