Wujudkan HSU Bebas Sampah, Program Satu Desa Satu Bank Sampah Solusinya  

0

UNTUK mewujudkan Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) bebas sampah dan Amuntai Barasih 2025, Pemkab HSU melakukan program satu desa satu bank sampah se kabupaten HSU. 

KABID Pengelolaan Kebersihan Peningkatan Kapasitas Lingkungan Hidup Kabupaten HSU, Najeriansyah mengatakan,  program satu desa satu bank sampah sudah berjalan di kabupaten HSU. “Ujung tombak atau leding sektornya adalah masyarakat,” katanya.

BACA : Bersihkan Sampah Kiriman yang Menumpuk, BPBD HSU Terjunkan TRC

Pembentukan bank sampah tersebut, kata dia berdasarkan surat edaran Bupati HSU sehingga  aparat desa bisa menggunakan Apbdes untuk mewujudkan satu desa satu bank sampah.  “Aparat desa bisa menggunkan apabdes untuk anggaran kegiatan pengelolaan sampah dan peyesian sarana prasana persampahan perdesan dalam anggaran pendapatan dan belaja desa,“ jelasnya.

BACA JUGA : Sampah Menumpuk di Hari Libur, DPRD HSU Nilai OPD Tak Serius

Sarana dan prasarana yang dibutuhkan, ujar mantan Kasusbag Pemberitaan Humas Setda HSU ini,  diantaranya,  tempat sampah,  gerobak sampah,  motor roda tiga (tosa), mesin cacah sampah organik, mobil pickup, mesin cacah sampah plastik, peralatan komposer. Tetus lembaga penggelolaan sampah, dan keanggotan untuk peningkatan penggelolan sampah perdesaan.

“Target Kabupaten HSU Tahun 2025 bisa bebas sampah dengan adanya program satu desa satu bank sampah Se-Kabupaten HSU,”(jejakrekam)

Penulis Muhammad
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.