Penilaian SAKIP Diserahkan, Bupati Nadalsyah Minta SKPD Bekerja Optimal

0

DALAM rangka menilai tingkat akuntabilitas atau pertanggungjawaban atas hasil terhadap penggunaan anggaran guna terwujudnya pemerintahan yang berorientasi kepada hasil serta memberikan saran perbaikan yang diperlukan, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPANRB) RI menyerahkan hasil evaluasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP).

BUPATI Barito Utara, H Nadalsyah didampingi Sekretaris Daerah, H. Jainal Abidin, serta Kepala Bappedalitbang, Inspektur, dan Kepala Bagian Organisasi Setda menghadiri Acara Penyerahan Hasil Evaluasi Akuntabilitas Kinerja Pemerintah Provinsi,kabupaten juga kota Wilayah II (Bali, DKI Jakarta, Jawa Timur, Nusa Tenggara, Kalimantan, dan Lampung) Tahun 2018 di Neptunus Ballroom Golden Tulip Galaxy Hotel, Banjarmasin, Rabu (06/02/2019).

Sekjen Kemendagri,Hadi Prabowo, menyoroti persoalan Pemda yang masih menanggung pembayaran BPJS, alokasi anggaran dari pajak yang belum dikembalikan untuk pembangunan infrastruktur, dan persoalan lainnya.

BACA : Pasar Bebas Banjir Muara Teweh Diresmikan

“Dengan SAKIP, pemerintah daerah dapat mengalokasikan anggaran dengan tepat sasaran. Kerjasama antar daerah dalam program unggulan daerah untuk dapat dilaksanakan,” harap Hadi Prabowo.

Lebih lanjut dikatakan, dengan Program SAKIP pendampingan, pengamanan, dan evaluasi kinerja pemerintah daerah dapat dilaksanakan dan dinilai.

Sementara itu, MenPANRB,  Syafruddin,menyatakan bahwa hasil evaluasi SAKIP dari tahun ke tahun semakin baik. Melalui SAKIP, paradigma kinerja pemerintah dipompa. Bukan lagi sekedar melaksanakan program kegiatan yang dianggarkan tetapi melaksanakan dengan cara yang efektif dan efisien berbasis pada sasaran serta anggaran diberikan untuk kegiatan-kegiatan pada program prioritas.

“Selama ini, anggaran dipakai tidak tetap sasaran. SAKIP menjadi berlian dan permata untuk sistem pemerintah daerah dalam melaksanakan program dan kegiatan prioritas,” jelas Syafruddin yang juga mantan Wakapolri ini.

BACA JUGA: Hemat Triliunan Rupiah Uang Negara karena Penerapan SAKIP

H Nadalsyah menghimbau kepada seluruh perangkat daerah agar dapat memaksimalkan lagi kinerja yang selama ini telah terlaksana dengan baik.

Diharapkan dengan adanya peningkatan dalam pelaksanaan kinerja yang mengacu kepada uraian tugas dari tugas pokok dan fungsi seluruh perangkat daerah akan menjadikan Pemerintah Kabupaten Barito Utara optimal dalam memberikan pelayanan kepada publik sesuai standar pelayanan dan aturan serta ketentuan yang berlaku.

“Agar nantinya, seluruh perangkat daerah Kabupaten Barito Utara dalam bekerja dengan berbasis kinerja yang lebih baik lagi pada tahun-tahun selanjutnya,” imbuh  Nadalsyah.(jejakrekam)

Penulis Syarbani
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.