Dua Nama Cawabup Tanbu, Bupati HST Tunggu Proses Kemendagri

0

POSISI Wakil Bupati Tanah Bumbu masih lowong, pasca dilantiknya Bupati H Sudian Noor. Saat ini, DPRD Tanah Bumbu telah menjaring dua nama usai menyampaikan visi-misi dalam rapat paripurna di Batulicin, Senin (4/2/2019).

SEMENTARA untuk pemilihan calon Wakil Bupati Hulu Sungai Tengah (HST) masih menunggu dilantiknya HA Chairansyah sebagai bupati definitif, usai mendapat persetujuan dari Kemendagri terkait pemberhentian Abdul Latif dari kursi orang nomor di Pemkab HST.

Asisten I Pemerintahan Setdaprov Kalsel, Siswansyah mengakui proses pengusulan calon Wakil Bupati Tanah Bumbu lebih dulu dibandingkan Kabupaten HST.

“Sebab, saat ini, Bupati Tanah Bumbu Sudian Noor sudah definitif, berbeda dengan HST. Saat ini, Wabup HST yang juga Plt Bupati HST HA Chairansyah belum dilantik secara definitif,” kata Siswansyah kepada jejakrekam.com, di Banjarbaru, Senin (4/2/2019).

BACA :  Lantik Bupati Tanah Bumbu, Gubernur Kalsel : Pimpinan Daerah Jangan Bikin Gaduh

Ia mengakui saat ini pelantikan Bupati HST masih dalam proses di Kemendagri, sehingga untuk pemilihan calon wakil bupati masih menunggu definitifnya kepala daerah di kabupaten tersebut.

“Sekarang, yang lebih prosesnya adalah Kabupaten Tanah Bumbu. Bupatinya sudah ada tinggal menunggu pemilihan wakil bupati saja,” ucap Siswansyah.

Ia mengakui saat ini sudah ada dua nama yang diusulkan di DPRD Tanah Bumbu, terutama dari parpol pengusung Mardani H Maming-Sudian Noor di Pilkada 2015 lalu. Meski akhirnya, Mardani H Maming mengundurkan diri, namun jatah kursi Wakil Bupati Tanah Bumbu tetap menjadi milik PDI Perjuangan serta parpol lainnya.

“Jika prosesnya sudah rampung di Kabupaten Tanah Bumbu, selanjutnya akan diusulkan ke Pemprov Kalsel, diteruskan ke Kemendagri d Jakarta. Jadi, sifatnya Pemprov Kalsel hanya meneruskan usulan dari daerah,” papar Siswansyah.

BACA JUGA :  Mendagri Sahkan Pemberhentian Mardani H Maming sebagai Bupati Tanah Bumbu

Lantas kapan Bupati HST yang akan diisi HA Chairansyah akan dilantik? Lagi-lagi, Siswansyah menyebut masih menunggu proses dari Kemendagri. “Karena penetapan bupati definitif belum ada di HST, makanya usulan calon wakil bupati pun belum bisa diproses dulu. Ya, kita tunggu saja,” cetus Siswansyah.

Sementara itu, di Batulicin, Senin (4/2/2019), DPRD Tanah Bumbu menggelar rapat paripurna untuk menjaring dan memilih dua nama yakni Riyadi Kambu dan Yuyu Endah yang merupakan kader PDIP di Tanah Bumbu.

Selama ini, posisi wakil bupati lowong selama lebih dari lima bulan, usai dilantiknya Sudian Noor menggantikan Mardani H Maming sebagai Bupati Tanah Bumbu sisa masa jabatan 2016-2021.

BACA LAGI :  Paling Lama 14 Hari SK Mendagri Pengangkatan Bupati HST Terbit

Ketua DPRD Tanah Bumbu, H Supiansyah memastikan usai penyampaian visi-misi kedua calon wakil bupati, akan dilanjutkan voting tertutup dalam rapat paripurna istimewa pada Rabu (6/2/2019) nanti.

“Nantinya, seluruh anggota DPRD Tanah Bumbu akan memilih dalam voting tertutup. Jadi, bisa diketahui siapa yang akan terpilih sebagai calon wakil bupati, selanjutnya pada hari itu kami akan usulkan ke Pemprov Kalsel untuk diteruskan ke Kemendagri,” kata Sekretaris DPD PDIP Kalsel ini.(jejakrekam)

 

Penulis Sayyidil Ahmada/Ibnu
Editor Didi GS

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.