Uji Coba Lima Bus Biru BRT Banjarbakula Mengaspal di Koridor Satu

LIMA unit Bus Rapid Transit (BRT) Banjarbakula telah mengaspal di koridor pertama. Hal ini ditandai dengan pembangunan halte yang berada di Jalan Jenderal Sudirman untuk pengoperasian bus biru bantuan dari Ditjen Perhubungan Kementerian Perhubungan.

UNTUK koridor pertama adalah Kantor Gubernur Kalsel, Jalan Sudirman, Jalan Piere Tendean, Jalan Achmad Yani (Banjarmasin), Gambut dan Terminal Gambut Barakat Km 17.

Sedangkan, untuk koridor kedua, rutenya Bandara Syamsudin Noor-Jalan A Yani-Terminal Km 17. Pengoperasian BRT juga diberlakukan untuk koridor tiga dari Terminal Km 17, Jalan A Yani-Landasan Ulin-Jalan Palam, Jalan Trikora, Jalan Mistar Cokrokusumo-Terminal C Banjarbaru dan Terminal Martapura Kota.

“Untuk lima unit bus yang dioperasikan masih dalam tahap uji coba di koridor satu. Bus yang dikirim Ditjen Perhubungan Darat Kemenhub itu sudah dioperasionalkan,” kata Kepala Dinas Perhubungan Kalsel, Rusdiansyah kepada jejakrekam.com, Minggu (3/2/2019).

BACA :  Program BRT Banjarbakula Dikeluhkan Minim Koordinasi

Ia mengakui dengan keterbatasan anggaran di Kemenhub, baru lima unit bus yang dibantu untuk program BRT Banjarbakula. Menurut Rusdiansyah, jika pengoperasian BRT Banjarbakula ini terbilang sukses, akan dilanjutkan untuk pengoperasian serupa di koridor dua dan koridor tiga.

Sementara itu, halte Km 0 Jalan Jenderal Sudirman dekat Markas Korem 101/Antasari telah dibangun dengan dana CSR dari PT Pelindo III Banjarmasin. Sesuai rencana, tarif jauh dekat untuk menikmati pelayanan bus itu dipatok Rp 3.500.

Sebelumnya, Wakil Gubernur Kalsel Rudy Resnawan memastikan operasional BRT Banjarbakula dimulai pada awal 2019. Sementara, pembangunan halte menggandeng pihak ketiga lewat skema dana CSR.

Menurut Rudy, sebenarnya ada enam koridor yang akan dibangun untuk kelancaran BRT Banjarbakula, sehingga sedikitnya dibutuhkan 112 halte, baik ukuran kecil (portable), sedang dan besar untuk memenuhi antar jemput penumpang.

Dikutip dari media komunitas Banjarise di SCC Banjarmasin, bus biru diminta harus melayani rute seksi seperti Jalan Lambung Mangkurat, Jalan Hasanuddin HM dan Jalan Achmad Yani hingga ke Simpang Empat Banjarbaru.

BACA JUGA :  Dukung Program BRT Kalsel, Kemenhub Pastikan Kirim 5 Unit Bus

Dengan begitu, otomatis rute bus melewati titik-titik strategis seperti RSUD Ulin, Duta Mall, UIN Antasari, Terminal Km 6, Kertak Hanyar, Gambut, Landasan Ulin, Loktabat, Lapangan Murjani hingga Martapura. Hal ini bisa dimanfaatkan para mahasiswa yang kuliah di Banjarmasin dan Banjarbaru, untuk keperluan angkota pagi dan sore hari.

Mereka pun mendukung agar BRT Banjarbakula ini menggantikan moda transportasi lawas L300 yang sudah lama mengaspal. “Masya kita masih berkutat pada moda transportasi tahun 1990-an, sementara kota-kota lain sudah punya armada seperti Trans Jakarta, kereta LRT, commuter line dan lainnya,” tulis Banjarise.(jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Didi GS