ACT

Sutarto Hadi Diusulkan Jadi Menteri Asal Kalimantan

0 663

WACANA menginginkan tokoh Kalsel untuk ambil bagian dalam kabinet pemerintahan Indonesia semakin menguat. Maklum, sudah lama figur asal Banua tak dapat jatah kursi menteri.

KALI terakhir, hanya Prof Gusti Muhammad Hatta yang menjabat Menteri Lingkungan Hidup dan Menteri Negara Riset dan Teknologi, pada Kabinet Indonesia Bersatu II era pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono.

Nama-nama seperti mantan gubernur Kalsel dua periode H Rudy Arifin, Ketua Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) Mardani H Maming, hingga Rektor ULM Prof Dr H Sutarto Hadi dinilai mumpuni menjadi Menteri.

Lantas bagaimana sikap Rektor ULM? Sutarto mengaku tidak menyangka didorong menjadi menteri di pemerintahan mendatang. Namun ia fokus menjalankan amanah memimpin ULM empat tahun mendatang.

“ULM masih banyak yang perlu dibenahi, tapi kalau memang diminta untuk mengabdi untuk nusa dan bangsa menjadi menteri, saya siap,” ungkap wakil ketua Forum Rektor Indonesia ini.

Bagi guru besar pendidikan matematika ini, sebetulnya SDM di Kalimantan secara umumnya maupun Kalsel secara khususnya, masih banyak figur yang mumpuni duduk di kementerian.

BACA : Ingin Ada Putra Kalimantan di Kabinet Jokowi-Ma’ruf Amin

Sementara itu, Wakil Rektor II ULM Dr Achmad Syamsu Hidayat menyebut sosok Sutarto Hadi cocok menjadi menteri, mengingat sepak terjang inovasinya selama di ULM baik menjadi pembantu Rektor IV maupun menjadi orang nomor satu di ULM.

“Beliau sosok yang potensial, sudah banyak berkecimpung di forum-forum nasional maupun internasional, secara umur relatif muda dan pribadi yang inovator,” kata dia.

Namun, bagi Syamsu masih terlalu dini berbicara figur menteri mengingat Pemilu saja belum dilaksanakan.

“Yang terpenting kita sama-sama menyukseskan Pemilu mendatang. Siapapun yang diberi amanah menjadi menteri itu, merupakan hak preogatif presiden dan wakil presiden terpilih,” katanya.

Beberapa waktu lalu Desmond J Mahesa menjamin jika Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno terpilih menjadi presiden dan wakil presiden maka ada figur asal Kalimantan yang menjadi menteri. Selain itu, Ketua TKN paslon nomor urut 01 Erick Thohir menginginkan komposisi kementerian berasal dari berbagai daerah di seluruh Indonesia.

“Saya berharap harus ada putera Kalimantan menjadi menteri.Sudah seyogyanya setiap kementerian ada keterwakilan daerah, dan siapun yang dipilih menjadi Menteri itu hak Presiden Jokowi jika terpilih kembali” katanya.(jejakrekam)

Penulis Ahmad Husaini
Editor Andi Oktaviani

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.