Harga Tiket dan Kargo Pesawat Naik, Angkutan Barang Via Kapal Menurun

0

ADANYA kebijakan kenaikan harga tiket dan kargo pesawat, ternyata belum berpengaruh positif terhadap bisnis jasa kapal laut di Kota Banjarmasin.

KEPALA Cabang Banjarmasin PT Dharma Lautan Utama Anton Wahyudin mengakui, belum ada pengaruhnya kebijakan kenaikan harga tiket dan kargo pesawat, terhadap kenaikan jumlah penumpang atau pun barang yang diangkut kapal laut.

BACA : Jasa Kargo Penerbangan Naik, Bisnis Pengiriman Ekspres Mengalami Turbelensi

Pasar maskapai penerbangan dan kapal laut itu berbeda. Apalagi, di  awal tahun ini yang merupakan momen low season. Baik angkutan penumpang dan barang di kapal laut malah mengalami penurunan hingga 20-30 persen, ungkapnya, Sabtu (02/02/2019).

Jika pun nantinya ada pengaruh, kata dia, diprediksi paling hanya terjadi pada angkutan barang. Sebab  jika kebijakan kenaikan harga bagasi berbayar oleh pesawat tidak dicabut, maka akan banyak konsumen yang beralih menggunakan jasa ekspedisi untuk mengirimkan barangnya karena harganya jauh lebih murah.

BACA JUGA :Perkuat Pasar Mobil Multifungsi, Daihatsu Luncurkan Grand New Xenia

Kalau banyak menggunakan jasa ekspedisi kan tentu kita ikut diuntungkan. Mengingat ekspedisi melakukan pengiriman barang menggunakan jasa kapal laut, tambahnya.

Hingga Januari sampai Febuari 2019 ini memang diakuinya belum terlihat lonjakan untuk pengiriman barang melalui kapal laut. Barang yang dikirim sendiri masih didominasi  sayuran dan konveksi.

Mungkin sekitar April baru akan terasa kenaikan angkutan barang di kapal laut. Selain karena adanya kebijakan bagasi berbayar tadi di pesawat, juga didukung oleh mulai banyaknya pengiriman barang kontruksi dari Jawa untuk keperluan proyek di Kalsel, jelasnya.(jejakrekam)

Penulis Akhmad Faisal
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.