Akademisi Fakultas Hukum ULM: Dr Ichsan Anwary Figur Tepat Menjadi Hakim MK

0

MENCUATNYA nama Wakil Dekan I Fakultas Hukum Universitas Lambung Mangkurat (ULM) Dr H Ichsan Anwary menjadi kandidat Hakim Mahkamah Konstitusi (MK) disambut hangat koleganya sesama akademisi FH ULM. 

DOSEN Muda FH ULM Ahmad Fikri Hadin mengatakan, keluarga besar Fakultas Hukum ULM menyambut baik masuknya Ichsan Anwary sebagai pengadil konstitusi di lembaga tinggi negara.

“Beliau lolos seleksi administrasi calon hakim MK dan menjadi tonggak sejarah bagi Fakultas Hukum secara khususnya maupun Universitas Lambung Mangkurat secara umumnya. Ini bisa menjadi pembuka kiprah akademisi ULM di tingkat nasional,” ungkap Fikri yang pernah merasakan tangan dingin didikan Dr Ichsan.

Ia menilai Ichsan Anwary adalah sosok yang tepat untuk mengisi salah satu hakim di Mahkamah Konstitusi, sebab Wakil Dekan 1 FH ULM ini merupakan sosok yang dikenal punya kapasitas, integritas, dan kapabilitas, yang tak perlu diragukan lagi.

“Beliau memang mendalami bidang hukum tata negara, jadi permasahan norma yang menjadi kewenangan MK sudah sangat faham,” kata Ketua Pusat Kajian Anti Korupsi dan Good Governance (Parang) Universitas Lambung Mangkurat (ULM).

BACA : Pakar Tata Negara ULM Ichsan Anwary Masuk Nominator Hakim MK

Baginya, figur Ichsan Anwary akan memberikan dimensi yang berbeda di tubuh MK, sebab disertasi Doktor Hukum tata negara tentang penyelesaian sengketa kewenangan konstitusional lembaga negara.

“Mahkamah Konstitusi juga pernah membiayai riset beliau, sehingga ini bisa menjadi nilai plus di depan panel ahli seleksi hakim MK,” ungkap Fikri.

Terpisah, Muhamad Erfa Redhani menilai figur Dr Ichsan Anwary adalah orang yang menguasai di bidang hukum konstitusi dan ketatanegaraan. Terlebih beliau adalah orang yang berintegritas.

“Beliau tidak pernah memiliki catatan yang buruk selama karirnya. Kita dukung dan semoga dapat memperbaiki marwah MK yang sempat buruk dimata publik. Semoga dapat berkontribusi untuk bangsa dan negara melalui MK,” ungkap Erfa yang pernah berguru langsung dengan Dr Ichsan Anwary.

Bukan tanpa alasan, Erfa merasakan langsung didikan Ichsan Anwary semasa duduk di bangku Fakultas Hukum ULM.

“Sepanjang saya menjadi ketua BEM FH 2013 – 2014, beliau salah satu dosen yang enak diajak untuk berdiskusi. selalu meluangkan waktu demi memberi ilmu untuk mahasiswa meskipun itu di luar jam kuliah,” kenang Erfa.(jejakrekam)

Penulis Ahmad Husaini
Editor Andi Oktaviani

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.