PUPR Balangan Tutup Jalan Berlubang dengan Material Sirtu

0

JALAN berlubang di depan kantor BPS Kabupaten Balangan, Jalan Achmad Yani Km 2,5 Batu Piring, Kecamatan Paringin Selatan, sering dikeluhkan warga dan pengguna jalan. Untuk menekan angka kecelakaan lalu lintas dan kenyamanan, lubang-lubang yang menganga ditimbun dengan material pasir dan batu (sirtu), Selasa (29/1/2019).

PERBAIKAN jalan ruas Paringin-Tanjung, Kabupaten Tabalong ini dilakukan agar para pelintas jalan bisa nyaman, serta memberi keamanan bagi para pengendara.

Kepala Bidang Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kabupaten Balangan, Cecep Ruswanto mengakui sebenarnya pemeliharaan ruas jalan itu merupakan kewenangan Dinas PUPR Kalsel.

“Kondisi jalan yang berlubang jika dibiarkan tentu akan membahayakan para pengguna jalan. Makanya, kami berinisiatif untuk menutup lubang dengan material sirtu,” kata Cecep Ruswanto kepada wartawan di Paringin, Selasa (29/1/2019).

BACA :  Jalan di Kalsel Cepat Rusak Akibat Kendaraan Lebihi Tonase

Ia berharap dengan penimbunan material sirtu dan kemudian diratakan setinggi badan jalan, bisa mengurangi tingkat kerusakan jalan yang berada di pusat perkantoran Pemkab Balangan tersebut.

“Rusaknya beberapa titik ruas jalan ini akan segera kami laporkan. Sebab, minggu depan rencananya ada rapat koordinasi nasional (rakornas) di Provinsi Kalsel. Nantinya, ruas jalan yang rusak di Balangan jadi laporan untuk diperhatikan provinsi dan nasional,” ungkap Cecep.

Menurut dia, secara umum, kondisi jalan dan jembatan yang ada di Kabupaten Balangan tergolong lumayan bagus. Cecep mencontohkan jalan poros antar kecamatan telah terhubung dan rampung, sehingga ke depan tinggal pengembangan dan pemeliharaan jalan.

BACA JUGA :  Kalsel Butuh Jalur Kereta Api, Jalan Khusus Barang Belum Punya

“Sedangkan, daerah pinggiran di Kabupaten Balangan difokuskan untuk dibangunkan jembatan. Yang pasti, ke depan, akan lebih banyak jembatan dibangun di pelosok,” ucap Cecep.

Ia menegaskan hal ini sejalan dengan visi-misi Bupati Balangan Ansharuddin agar pembangunan infrastuktur dalam skala prioritas diarahkan ke daerah pinggiran.(jejakrekam)

 

Penulis Gian
Editor Didi GS

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.