Penduduk Banyak, Perlu Ada SMK di Kawasan Handil Bakti

DINAS Pendidikan dan Kebudayaan Kalsel akan segera membangun Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Batola, tepatnya di Kelurahan Handil Bakti, Kecamatan Alalak.

KADIS Pendidikan Batola Sumarji mengatakan, pihaknya sudah berencana membangun SMK semenjak tahun 2017, dimana lahannya sudah dibeli pada tahun 2014.

“Setelah diproses pemerintah pusat pada 2015, ternyata lahan yang kami beli mirip kereta api yang ukurannya hanya dengan lebar 50 meter dan panjang 400 meter, dan luasnya keseluruhannya hanya sekitar 2 hektare saja, sehingga di tolak oleh pemerinrah pusat, sebab minimal luas lahannya harus minimal 3 hektare,” tuturnya.

Guna memenuhi syarat tiga hektare itu, pihaknya pada 2016 membeli lahan seluas satu hektare, yang lokasinya di tempat yang sama.

BACA : Sempat Ditinggal Para Pedagang, Pasar Handil Bakti Direhab Lagi

Setelah memenuhi syarat luasan lahan, maka pada 2017 ada kebijakan dari pemerintah pusat bahwa SMA dan SMK diserahkan ke pemerintah provinsi. “Karenanya, Pemkab Batola gagal untuk membangun SMK itu,” ucapnya.

Menurutnya, di kawasan itu sangat mendesak dibangun SMK. “Sebab untuk murid SMP 4 Alalak saja jumlahnya lumayan banyak, yakni sekitar 700 siswa. “Dimana, setiap kali penerimaan siswa baru saja setiap tahunnya hampir 300 siswa. Sangat wajar jika di kawasan Handil Bakti dibangun SMK,” bebernya.

Tahun ini, bebernya, Pemprov Kalsel sudahmengucurkan dana sebesar Rp 1 miliar untuk pembangunan SMK itu. “Semoga saja dengan adanya SMK di daerah ini akan mempermudah para siswa SMP untuk melanjutkan ke SMK, tanpa harus jauh mencari sekolah ke lokasi lain,” pungkasnya.(jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Andi Oktaviani