Bersihkan Sampah Kiriman yang Menumpuk, BPBD HSU Terjunkan TRC

0

SEBAGAI bentuk kegiatan pengurangan resiko bencana serta kepedulian terhadap kelastarian lingkungan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) HSU, melakukan kegiatan gotong royong bersihkan sampah yang menumpuk di bawah aliran Sungai Jembatan Paliwara, Sedikitnya dilibatkan kurang lebih sebanyak 15 personel dari anggota Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD HSU ikut dalam kegiatan tersebut.

KEPALA Badan Penanggulangan Bencana Daerah HSU Sugeng Riyadi menyampaikan pembersihan sungai ini dilaksanakan karena adanya laporan dari masyarakat, bahwa banyak sampah yang menumpuk dibawah aliran sungai Jembatan Paliwara.

BACA : Masyarakat Desa Ambahai Diajari Daur Ulang Sampah Agar Bernilai Ekonomis

“Sampah yang tertumpuk di tempat kita ini adalah kiriman dari daerah tetangga baik itu dari Tabalong dan Balangan mengingat saat ini curah hujan tinggi sehingga sampah tersebut terbawa arus sampai ke daerah kita Kabupaten HSU ini.” ungkapnya.

Sugeng menambahkan bahwa kegiatan ini juga mengantisipasi terjadinya banjir didaerah kita, karena sampah ini menghambat arus air yang mengalir didaerah kita, seadainya dibiarkan takutknya nanti menumpuk dalam jumlah yang besar sehingga mengganggu konstruksi dari jembatan dan jalan yang ada di pinggiran sungai Kabupaten HSU.

BACA JUGA : Amuntai Dinilai Bersih, Bupati HSU Terima Sertifikat Adipura

Kepada masyarakat HSU Sugeng menghimbau agar tidak membuang sampah ke sungai. Sampah yang dibuang sembarang ke sungai, justru akan membuat aliran air menjadi tersumbat. Air yang seharusnya bisa mengalir dengan lancar menjadi tersumbat. Sehingga menyebabkan bencana banjir.

“Selama musim hujan tolong diperhatikan sampah di selokan. Apalagi warga yang berdekatan dengan aliran sungai. Salah satu penyebab terjadinya banjir itu karena tidak lancarnya aliran sungai yang dipenuhi sampah,” pungkasnya mantan Kepala Satpol PP Pemkab HSU.(jejakrekam)

Penulis Muha
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.