Juarai Kontes Durian Banjar, Pemilik si Lesung Diganjar Rp 7,5 Juta

KABUPATEN Banjar salah satu daerah yang kaya buah-buah tradisionasl di Kalimantan Selatan. Sebagai pemasok durian, Pemkab Banjar rutin menghelat kontes durian. Ada puluhan durian yang mengikut even tahuna di Danau Tamiyang, Desa Mandi Kapau, Kecamatan Karang Intan, Selasa (22/1/2019).

PULUHAN buah berjuluk si Raja Buah ini mengikuti kontes durian dan gelar buah eksotis Kabupaten Banjar. Dari seluruh dunia yang diikuti kontestan, terpilih sebagai juara pertama durian si Lesung. Durian milik Anita Fitriani, warga Desa Biih meraih nilai tertinggi.

Si Lesung memenuhi kriteria yang dinilai para juri, dari segi aroma, warna, ketebatalan, tekstur dan proporsi rasa daging durian. Angka yang diraih sangat tinggi, 815 poin nyaris sempurna.

BACA :  Musim Hujan Tiba, Saatnya Musim Durian Menyapa

“Durian yang saya bawa ini diberi nama lesung, karena di bawah pohon durian terdapat lesung (alat menumbuk padi). Usia pohon durian ini sudah 15 tahun,” kata Anita kepada wartawan, Selasa (22/1/2019).

Anita sendiri juga menjuarai kontes durian 2018 dengan durian si Bamban. Menurut Anita, pohon durian yang dipeliharanya itu ketika musim panen, berbuah banyak. “Biasanya, kami menjual durian seharga Rp 25 ribu per biji,” katanya.

Usai menjawarai kontes tingkat Kabupaten Banjar, Anita pun berencana ikut even serupa di level Provinsi Kalsel. Rencananya, kontes durian tingkat Kalsel dihelat di Wisata Kiram Park, Kabupaten Banjar pada Kamis (24/1/2018) lusa.

BACA JUGA :  Si Bamban dari Desa Biih Dinobatkan Jadi Raja Durian

Gubernur Kalsel Sahbirin Noor pun gembira dengan hadirnya buah-buah berkualitas yang dihasilkan para petani.

“Alhamdulillah kontes durian ini sukses. Kita melihat penilain sangat ketat. Saya pikir luar biasa kegiatan hari ini. Sebentar kita juga mengadakan kontes serupa antar kabupaten di Kalsel. Silahkan datang,” kata Paman Birin, sapaan akrab gubernur ini.

BACA LAGI :  Menangguk Rezeki Berlimpahnya Si Raja Buah asal Bi’ih

Untuk juara kontes durian Kabupaten Banjar, Anita dengan durian si Lesung diganjar hadiah Rp 7,5 juta plus satu unit sepeda motor. Juara kedua diraih si Tembaga dari Desa Biih, berhak membawa pulang uang sebesar Rp 4 juta. Terakhir, si Waluh dari Desa Mandi Kapau Barat dihadiahi uang tunai Rp 2,5 juta. Bagi juara harapan satu, dua dan tiga juga berhak membawa sangu masing-masing Rp 1 juta.(jejakrekam)

 

Penulis Deden
Editor Didi GS
Anda mungkin juga berminat
Loading...
Kata mereka tentang jejakrekam.comhttps://www.youtube.com/watch?v=JMpxvqUGSc4&t=28s