Jelang Haul Guru Sekumpul, Dinas PUPR Banjar Perbaiki Drainase dan Jalan

0

JELANG pelaksanaan haul ke-14, KH Zaini Abdul Ghani yang terkenal dengan julukan Guru Sekumpul pada Sabtu, 9 Maret, dan puncaknya Minggu (10/3/2019) nanti, dipastikan akan dihadiri ribuan bahkan ratusan ribu jamaah. Untuk itu, pembenahan infrastruktur terutama jaringan jalan dan drainase dilakukan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Banjar.

DINAS PUPR Kabupaten Banjar menerjunkan petugas untuk memperbaiki sejumlah titik jalan yang berada di seputaran kawasan Sekumpul, Martapura. Jaringan drainase yang tersumbat endapan lumpur dan sampah diangkat.

Pembongkaran penutup drainase dilakukan petugas di lapangan. Sampah dan endapan lumpur diangkut satu unit mobil pickup, Selasa (22/1/2019) pagi. Ironisnya, ketika tumpukan sampah di saluran drainase diangkat, kebanyakan berisi sampah plastik, seperti gelas plastik sisa minuman dan lainnya.

Kepala Dinas PUPR Kabupaten Banjar Mokhamad Hilman menerangkan pemeliharaan rutin dilakukan jajarannya untuk mempersiapkan agar saat gelaran haulan Guru Sekumpul, jaringan drainase dan jalan bisa mulus.

“Rencananya, pada Februari nanti, kami akan fokuskan  pembersihan keseluruhan jaringan drainase dan perbaikan jalan,” ucap Hilman.

BACA :  Tak Diperkenankan Galang Dana untuk Haul Guru Sekumpul

Ia menguraikan jalan yang diperbaiki dalam kegiatan pemeliharaan rutin itu adalah Jalan Mali-Mali-Pingaran, Martapura-Pingaran, dan Pekauman. Sedangkan, untuk pemeliharan berkala dipusatkan pada ruas Jalan Bincau-Karang Intan, Kaliukan-Pematang Danau serta Jalan Pintu Air 2.

“Sedangkan, untuk ruas jalan yang diperbaiki Unit Pemeliharaan Jalan Dinas PUPR Banjar mencakup Jalan Sekumpul-Bincau, Sekumpul-Batas Banjarbaru, Jalan Pendidikan, Jalan Guntung Alaban, Jalan Kampung Jawa, Jalan Martapura-Tungkaran,”

“Kemudian, Jalan Simpang 3 Veteran-Balitan, Jalan Indrasari, Jalan Muhibin, Jalan Akar Begantung-Kelampian Ilir, dan Jalan Pintu Air-Jalan Kenanga,” ungkap Kepala Dinas PUPR Kabupaten Banjar Mokhamad Hilman kepada jejakrekam.com di Martapura, Selasa (22/1/2019).

BACA JUGA :  Menakjubkan, Lautan Manusia Terlihat dari Langit Sekumpul!

Menurut dia, untuk sekitar Jalan Achmad Yani dari kilometer 36 hingga km 50 akan dilakukan survei terlebih dulu. Jika nantinya banyak kerusakan akan dikoordinasikan Dinas PUPR Banjar dengan pihak Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional XI Banjarmasin,” tutur Hilman.

Sedangkan, masih menurut Hilman, untuk pembenahan ruas jalan sekitar Jalan Martapura Lama, pihaknya akan berkoordinasi dengan Dinas PUPR Provinsi Kalsel.(jejakrekam)

Penulis Syahminan
Editor Didi GS

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.