Dirgahayu

Longsor di Pendulangan Pumpung Telan Satu Korban Jiwa

LONGSOR di lokasi pendulangan intan di Pumpung Cempaka, Banjarbaru kembali terjadi. Tanah longsor di lokasi pendulangan ini terjadi Senin (21/1/2019) sekitar pukul 13.00 Wita, saat hujan sedang turun.

TANAH longsor ini mengakibatkan seorang penambang atas nama Muhammad Tauhid (32 tahun) tertimbun longsor dan meninggal dunia. Menurut Aulia Rahman yang menyaksikan saat tanah longsor, almarhum Muhammad Tauhid tertimbun tanah sekitar 20 menit sebelum berhasil dikeluarkan.

“Setelah berhasil dikeluarkan dari timbunan tanah, korban langsung dilarikan ke Puskesmas Cempaka. Sayang nyawa korban tidak tertolong lagi,” jelasnya.

BACA : BPBD Tetapkan Kalsel Status Siaga Bencana Hingga 30 April 2019

Menurut Aulia, korban selanjutnya di bawa ke rumah duka di Cempaka RT 31 RW 09, Kelurahan Sungai Tiung, Kecamatan Cempaka, Banjarbaru. “Korban, kami serahkan ke pihak keluarga untuk penanganan selanjutnya,” tegas Aulia Rahman.

Kapolres Banjarbaru AKBP Kelana Jaya kepada jejakrekam.com membenarkan peristiwa longsor tersebut, yang telah menelan korban meninggal dunia. “Iya betul telah terjadi longsor di lokasi pendulangan Pumpung, Cempaka, dan satu korban meninggal dunia,” jelasnya.

Ia mengungkapkan, Polres Banjarbaru selalu menyampaikan imbauan kepada para pendulang untuk tidak melakukan aktivitas saat musim penghujan. Sebab, tanah di lokasi pendulangan labil dan rentan sekali terjadi longsor dan membahayakan nyawa mereka.(jejakrekam)

Penulis Syahminan
Editor Andi Oktaviani