Disokong Infrastruktur, Kalsel Berpotensi Kembangkan Industri Plastik

KALIMANTAN Selatan dinilai Ketua Harian Pengurus Pusat Jaringan Pengusaha Nasional (Japnas) Widiyanto Saputro berpotensi mengembangkan industri plastik. Meskipun belum diketahuinya secara layak, terkait detail market survei.

AKAN tetapi, dari pandangannya secara umum, rantai suplay produk plastik seperti styrofoam yang diproduksi Kalsel mayoritas diambil dari Surabaya. Sementara, industri di Ibukota Jawa Timur ini, pengembangannya lebih besar. Mengingat mereka kesulitan dari sisi lahan.  “Jadi potensinya sangat besar di kawasan Kalimantan,” ucapnya.

BACA : Ciptakan Sinergi Usaha, Japnas Kalsel Gelar Business Matching

Apalagi, Widiy, sapaan akrabnya, menyebut, infrastruktur di Kalsel saat ini sangat mendukung untuk biji materialnya bisa  dikirimkan dan diproduksi Kalsel. “Kita yakin itu akan banyak membantu masyarakat di sini,” katanya.

Menurut dia,  produksi saat ini, sudah terbangun di Sumatera Utara dan mulai menjajaki di Sulawesi Selatan, Kalimantan Selatan, dan Kalimantan Utara. “Makanya tadi kita sudah tawarkan. Siapa tahu ada yang berminat di Kalsel untuk membangun itu,” ujarnya.

BACA JUGA : JAPNAS Dorong Pengusaha Lokal Lebih Maju

Widiy menilai, pada prinsipnya Japnas berfokus pada sinergitas antar pengusaha. Kemudian, menginginkan para anggotanya untuk tidak merengek kepada pemerintah dalam hal meminta bantuan.

Sebab, ia hakkul yakin pemerintah turut mendukung program dari organisasi pelaku usaha ini. Bagi dia, yang terpenting pengusaha bisa saling sinergi dan konkret menjalankan pekerjaannya.  “Kita sangat berusaha mendorong dan mengajak teman-teman untuk mengembangkan ataupun membangun produksi dalam negeri,” imbuhnya.(jejakrekam)

Penulis Arpawi
Editor Fahriza
Anda mungkin juga berminat
Loading...