Uji Laboratorium Tunjukkan Tak Ada Pencemaran Air di Desa Tajau Landung

0

LAPORAN warga Desa Tajau Landung, Supian kepada Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman yang datang ke Kalimantan Selatan, beberapa waktu lalu, ditindaklanjuti Dinas Peternakan dan Perkebunan (Disnakbun) Kabupaten Banjar.

DUGAAN pencemaran lingkungan yang dilakukan perkebunan sawit milik perusahaan perkebunan besar dengan membuang air limbah di kawasan Desa Tajau Landung diklaim Kepala Dinas Peternakan dan Perkebunan (Disnakbun) Kabupaten Banjar, Dondit Bekti, justru tidak terbukti.

“Kami sudah menerjunkan tim dan pihak terkait seperti Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Banjar untuk meneliti dugaan pencemaran sungai yang berimbas pada areal pertanian. Terutama, dugaan zat-zat beracun dari perkebunan sawit, ternyata tidak terbukti,” kata Dondit Bekti kepada jejakrekam.com, di Martapura, Minggu (20/1/2019).

Menurut dia, beberapa sampel air diambil dari kawasan perkebunan hingga mengalir ke persawahan dan pemukiman warga di Desa Tajau Landung.

BACA :  Merasa Terancam Kebun Sawit, Warga Desa Tajau Landung Lapor ke Mentan

“Sampel air serta beberapa bukti dibawa ke laboratorium untuk diuji. Berdasar hasil uji laboratorium, ternyata tidak terbukti ada pencemaran,” ucap Dondit.

Dengan hasil negatif ini, Dondit menegaskan dari sampel air yang berada di Desa Tajau Landung, tidak terbukti mencemari lingkungan.

“Di kawasan itu memang ada perusahaan kelapa sawit, yakni PT Mondrat. Kepada pengadu sudah kami sampaikan hasil penelitian bahwa tidak ada pencemaran, “ cetusnya.

BACA JUGA :  Terancam Industri Sawit, Keberadaan Ikan Pipih di Kalsel Makin Langka

Tak hanya itu, Dondit mengatakan pihaknya juga juga mempelajari permintaan pelapor, Supian untuk dibuatkan sumur di sekitar lahan pertanian yang jadi proyek percontohan nasional itu.

“Kami masih mempelajari dan mengkaji, apakah pembuatan sumur itu sangat diperlukan di kawasan pertanian di Desa Tajau Landung,” pungkasnya.(jejakrekam)

 

Penulis Syahminan
Editor Didi GS

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.