Sawah Tergenang, Saatnya Musim Panen Ikan Air Tawar

0

AIR pasang akibat luapan hujan dan sungai, membawa berkah. Di saat ini, warga yang bermukim di daerah pasang surut di Kalimantan Selatan untuk memanen ikan tawar. Ada berbagai cara untuk menangkap ikan, dari pancing hingga alat tangkap tradisional lainnya.

LOKASINYA cukup di areal persawahan yang berada di tepi jalan. Huma-huma ini banyak menyediakan air tawar sejenis ikan sepat, papuyu, gabus atau haruan, serta jenis ikan lainnya.

Musim panen ikan air tawar ini membuat sebagian warga pun turun di sekitar sawah atau sungai kecil. Ada beberapa alat tangkap tradisional yang digunakan warga Kalsel sebagai warisan kearifan lokal budaya Banjar seperti tampirai, halau hingga hancau.

BACA :  Terancam Industri Sawit, Keberadaan Ikan Pipih di Kalsel Makin Langka

Suasana musim panen ikan itu terlihat di sejumlah wilayah Kabupaten Banjar. Terutama, di daerah persawahan, sungai kecil (handil) maupun danau. Misalnya, di Kecamatan Martapura Barat, Martapura Timur, Gambut, Sungai Tabuk dan lainnya.

Sebagian masyarakat terlihat asyik mencari ikan di tepi jalan, pematang dan sawah. Tak mengenal umur, dari anak-anak, remaja hingga orang dewasa ramai-ramai turun ke sawah atau tepi jalan yang tergenang air pasang.

Masran, salah seorang yang mencari ikan di Jalan Keramat, Tungkaran Martapura mengatakan, saat ini sedang musim menangkap ikan. Hanya saja, menurut dia, ikan yang ditangkap kecil-kecil, sehingga lebih mudah dipancing atau ditangkap dengan alat khusus.

BACA JUGA :  Permintaan Ikan Kering Khas Banjar pun Sampai ke Arab Saudi

“Ada ikan papuyu, sepat dan lainnya. Sebagian hasil tangkapan kami jual ke pengumpul. Memang, ikan-ikan kecil ini enak dan gurih,” ucap Masran kepada jejakrekam.com, Kamis (17/1/2019).

Tak hanya di Kabupaten Banjar, daerah perbatasan dengan Banjarmasin seperti di Sungai Lulut, terutama di wilayah Jalan Melati, beberapa warga pun memasang hancau, alat tangkap ikan tradisional.

Areal persawahan yang tergenang serta sungai kecil yang debit airnya tinggi, menjadikan ikan air tawar berbagai jenis mudah ditangkap.(jejakrekam)

 

Penulis Syahminan
Editor Didi GS

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.