Ditaksir Rp 32 Miliar, Jembatan Pulau Bromo Dibangun Tahun 2020

0

MIMPI panjang warga Pulau Bromo, Kelurahan Mantuil, Kecamatan Banjarmasin Selatan memiliki akses penyeberangan segera mencapai gol. Tahun 2020, pemerintah kota sudah mewacanakan proyek jembatan gantung sepanjang 200 meter. Praktis, masyarakat setempat yang sehari-harinya cuma bergantung dengan kapal feri tak perlu repot lagi merogoh kocek buat menyeberang. 

PELAKSANA Tugas (Plt) Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (Dinas PUPR) Kota Banjarmasin, Joko Pitoyo menyebut dalam waktu dekat pihaknya juga sedang menyusun detail engineering design (DED) sekaligus pengadaan lahan, semuanya dilakukan pada tahun 2019.

“Nanti titik lokasinya terletak di dermaga kayu penyeberangan yang sudah ada. Ini juga sudah melewati proses studi kelayakan (FS) tahun 2018 lalu,” papar Joko, kepada jejakrekm.com.

Tak tanggung-tanggung, proyek ini diestimasikan akan memakan kas pemkot sebanyak Rp. 32 Miliar. Itu pun baru angka yang diraba-raba. Untuk nilai proyek yang sudah final, Dinas PUPR Kota Banjarmasin masih menunggu proses penyusunan DED rampung.

BACA: Buka Akses Pulau Bromo, Jembatan Gantung Jadi Pilihan

“Setelah itu, tinggal pengadaan lahan antar dua kawasan saja lagi. Di Pulau Bromo, menurut info sudah ada yang mau menyediakan lahannya. Namun, untuk dermaga di kawasan Mantuil yang perlu pengadaan lahan,” kata Joko.

Sementara, warga Pulau Bromo, Armina Dewi merespons positif rencana pembangunan jembatan gantung puluhan miliar ini.

“Bagus saja bangun jembatan itu. Padahal, wacana membangun jembatan kan sudah dari tahun-tahun kemarin ya,” kata dia.

Namun, pada satu sisi dia juga meminta pemkot memikirkan nasib para penyedia jasa penyeberangan kapal feri di kawasan Pulau Bromo. Jika proyek dibangun, praktis juragan feri juga terdampak pembangunan.

“Mudahan saja biasa diatasi. Kami warga di sini berharap secepatnya dibangunkan akses penyeberangan,” ujar Armina. (jejakrekam)

Penulis Donny Muslim
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.