Dirgahayu

Seleksi Relawan Demokrasi, KPU Balangan Target Partisipasi Pemilih Tinggi

RELAWAN demokrasi yang akan diterjunkan ke lapangan, khususnya untuk sosialisasi perhelatan pesta demokrasi seperti prosesi pemungutan dan penghitungan suara pada Rabu (17/4/2019) direkrut KPU Kabupaten Balangan.

PARA relawan demokrasi ini akan dibekali pengetahuan untuk memberikan pemahaman semua tahapan dan serba-serbi Pemilu 2019.

“Hari ini, kami melakukan seleksi wawancara terhadap 71 peserta yang lulus administrasi relawan demokrasi,” ujar Ketua KPU Balangan Sarpani kepada wartawan di Paringin, Rabu (16/1/2019), di sela seleksi wawancara bagi relawan demokrasi.

BACA :  Bawaslu Kalsel Beri Tempat untuk 23 Lembaga Pemantau Resmi

Ia menjelaskan dari 71 peserta ini, nanti akan disaring kembali menjadi 55 orang yang akan dijadikan relawan demokrasi oleh KPU Balangan.

“Nantinya, 55 relawan demokrasi ini akan bertugas bertugas di masing-masing basis. Basis yang digarap para relawan adalah basis pemilih keluarga, pemilih pemula, pemilih muda, pemilih perempuan, pemilih penyandang disabilitas, pemilih kebutuhan khusus, pemilih marginal, pemilih komunitas, pemilih keagamaan, dan basis warga internet,” papar Sarpani.

Ia juga berharap para relawan demokrasi disiapkan demi menyukseskan jalannya pesta demokrasi pada 17 April 2019. Para relawan ini direkrut untuk bekerja selama tiga bulan ke depan.

BACA JUGA :  Kurang Pendidikan Politik Picu Rendahnya Partisipasi Pemilih Milineal

Saripani menjelaskan perekrutan relawan demokrasi ini diharapkan bisa menambah animo masyarakat dalam menyemarakkan pesta demokrasi lima tahunan. Tujuannya, agar warga yang memiliki hak suara turut memilih dalam pemilu nanti.

“Kami berharap tingkat partisipasi pemilih makin tinggi di Pemilu 2019. Gelaran Pemilu 2019 juga bisa berjalan baik, lancar, aman dan tidak ada halangan apapun,” imbuhnya.(jejakrekam)

 

Penulis Gian
Editor Didi GS