Dirgahayu

Target Juara Liga 1, Barito Putera Datangkan Tiga Pemain Baru

MANAJEMEN Barito Putera serius menatap musim Liga 1 Indonesiadengan mendatangkan tiga pemain baru pada masa jendela transfer 2019. Tiga pemain baru resmi memperkuat skuad Barito Putera, serta memperpanjang kontrak penyerang yang terbukti tajam pada musim 2018, Samsul Arif.

TIGA pemain baru yang direkrut Barito Putera adalah Yakob Sayuri dan eks pemain timnas Andry Ibo, dua pesepakbola asal Papua serta Muhammad Yusuf Affandi.

Ketiganya dikontrak PT Barito Putera Bakti yang diwakili Manajer PS Barito Putera, Hasnuryadi Sulaiman di kediaman sang ayah, almarhum H Abdussamad Sulaiman HB yang akrab dipanggil H Leman, Jalan Kampung Melayu Darat, Senin (14/1/2019) malam.

Yakob sebelumnya memperkuat Persitoli Tolikara di ajang Liga 3 Zona Papua. Ia merupakan pemain serba bisa baik di posisi bek, sayap kanan maupun kiri. Sedangkan, Andry Ibo dikenal sebagai stopper lugas dalam menjaga pertahanan. Sementara, M Yusuf Affandi adalah eks pemain PS Badung dengan posisi sebagai penyerang.

BACA :  Dikontrak Semusim, Evan Dimas Perkuat Skuad Barito Putera

Yakob Sayuri pun merasa senang bisa bergabung dengan Barito Putera. Bagi dia, Barito Putera merupakan klub penantang juara pada ajang Liga 1 2018 musim lalu.

“Saya akan berikan kemampuan terbaik untuk klub kebanggan Banua. Terlebih Barito Putera diperkuat pemain-pemain hebat. Target juara bukan hal yang mustahil kita raih,” cetus Yakob.

“Seperti mimpi saya, satu tim dengan Evan Dimas dan dilatih coach Jacksen F Tiago. Mereka pemain dan pelatih idola saya,” sambung Yakob.

Begitupula, Yusuf Affandi. Menurut dia, bergabung dan memperkuat lini serang Barito Putera merupakan sebuah kehormatan. Apalagi, Yusuf Affandi bisa satu tim dengan Samsul Arif yang meurpakan kakak kandungnya sendiri.

“Abang saya (Samsul Arif) merupakan panutan dalam dan di luar lapangan. Sebagai striker, saya banyak belajar dari kakak,” ucap Yusuf Affandi.

Sementara itu, Samsul Arif mengakui menolak tawaran klub dalam dan luar negeri demi memperpanjang masa bakti bersama Laskar Antasari. Ia menyebut dengan merekrut Evan Dimas merupakan keputusan tepat Barito Putera untuk meraih target juara di Liga 1 2019, musim depan.

BACA JUGA :  Sedikit Mendapatkan Sanksi, PS Barito Putera Raih Trophy Fair Play

Samsul beranggapan aspek mental  menjadi sektor yang perlu dibenahi. Ini agar Barito Putera bisa bersaing di papan atas kasta tertinggi sepakbola Indonesia.

Stopper Andri Ibo akan bereuni kembali dengan mantan pelatihnya Jacksen F Tiago yang sama-sama membela panji Persipura. “Sebelum Barito Putera, saya ditawar beberapa tim dari Liga 1, tapi saya lebih memilih Barito,” tandas Andri Ibo.

Manajer Barito Putera Hasnuryadi Sulaiman menjelaskan ada beberapa pemain yang sudah diikat Barito Putera, namun belum diperkenalkan secara resmi ke media dan publik.

“Rekrutmen Pemain murni dari keputusan pelatih. Pemain yang datang murni keputusan teknis, dari dulu kita tidak pernah ikut campur dalam memilih pemain,” ungkap politisi Golkar.

Anggota DPR RI asal Fraksi Golkar ini masih merahasiakan pemain yang diincar Barito Putera untuk mengarungi musim depan, memanfaatkan jendela transfer pemain yang masih terbuka.

“Barito Putera selalu memberikan kesempatan pemain muda. Contohnya, M Riyandi yang menjadi andalan Timnas U-19,” ucap Hasnur.

BACA LAGI :  Dua Gol Pembeda Cordoba, Mitra Kukar Takluk di Kandang Barito Putera

Hasnur mengatakan target juara adalah sebuah keharusan, karena merupakan cita-cita dari masyarakat Banua dan pendiri Barito Putera, almarhum H Leman sendiri.

“Untuk pemain asing, kita sejak awal memang menginginkan pemain asing yang berpengalaman untuk memperkuat Barito Putera. Terlebih lagi, masih ada waktu yang lumayan untuk mencari pemain yang tepat. Ya, juga termasuk pemain naturalisasi, insya Allah ada yang bergabung Barito Putera,” pungkas Hasnur.(jejakrekam)

Penulis Ahmad Husaini
Editor Didi GS