Banjarmasin Raih Adipura, Tiga Sekolah Raih Adiwiyata

0

DI BALIK keberhasilan meraih Adipura kategori kota besar, rupanya di bidang pendidikan Banjarmasin turut mendapat prestasi di kancah nasional.

ADA 279 sekolah di Indonesia yang mendapat Adiwiyata Nasional. Termasuk, beberapa sekolah di Banjarmasin juga berhasil meraih predikat yang diserahkan langsung Menteri LHK Siti Nurbaya di Jakarta pada 21 Desember 2018 lalu.

Tercatat ada tiga sekolah di Banjarmasin menyabet penghargaan nasional yang dihelat sebanyak 13 kali sejak 2006 lalu ini. Diantaranya, SD Seberang Mesjid 1, SMPN 29 Banjarmasin, dan SMKN 4 Banjarmasin.

“Tiga sekolah ini juga salah satu penunjang keberhasilan Banjarmasin dalam raihan Adipura kali ini,” ucap Kepala Seksi Kurikulum SMP Dinas Pendidikan Kota Banjarmasin Ahmad Zurkani.

Walhasil, diagendakannya Pemkot Banjarmasin untuk mengarak tropi Adipura Kota Besar ini juga turut membawa keliling penghargaan Adiwiyata Nasional yang mencakup lima kecamatan di Banjarmasin.

BACA : Susul Surabaya dan Jakarta, Banjarmasin Raih Adipura Kota Besar

“Sebelumnya kita sudah terima penghargaannya Adiwiyata Nasional di Jakarta. Namun, untuk diaraknya belum. Makanya, besok kita memiliki kesempatan membawa keliling kota,” ujarnya.

Adiwiyata diserahkan langsung kepada masing-masing kepala sekolah, yang didampingi oleh Dinas Lingkungan Hidup Banjarmasin

Adiwiyata sendiri memiliki makna, tempat yang ideal bagi seseorang untuk mendapatkan ilmu pengetahuan, norma, dan etika dalam kehidupan sosial, khususnya di bidang lingkungan hidup dan kehutanan.

Terdapat empat komponen dalam program Adiwiyata, yaitu kebijakan sekolah berwawasan lingkungan, kurikulum sekolah berbasis lingkungan, kegiatan sekolah berbasis partisipatif, dan pengelolaan sarana dan prasarana pendukung ramah lingkungan.(jejakrekam)

Penulis Arpawi
Editor Andi Oktaviani

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.