Samsani: Penyelenggara Pemilu 2019 Saling Menyalahkan

CALON anggota DPD RI Samsani menyatakan sangat mengapresiasi diskusi media dengan tema membangun kepercayaan publik dalam Pemilu 2019 di Hotel Golden Tulip, Banjarmasin, Sabtu (12/1/2019). Mengingat, sosialisasi terkait Pemilu yang dilakukan KPU dan Bawaslu di Kalsel dinilainya masih kurang dalam melakukan sosialisasi.

KALAU di Kalsel, saya lihat masih kurang. Dengan kegiatan ini, mudah-mudah bisa menjadi sinergi yang positif,” ucapnya.

Samsani menilai, pada penyelenggaraan Pemilu 2019 ini dianggapnya serba salah. Sebab, bagi dia, semuanya saling menyalahkan. “Tadi saja ada yang protes dengan tema membangun kepercayaan. Katanya salah, mestinya memantapkan,” katanya.

BACA : Kepercayaan Publik Harus Ditingkatkan terhadap Penyelenggara Pemilu

Selain itu, Samsani menilai, terkait isu-isu mengenai kotak kardus atau adanya surat suara Pilpres 2019 yang telah dicoblos itu semestinya tidak perlu ditanggapi.

Sebab, menurut mantan Ketua KPU Tanah Bumbu ini, penyelenggara Pemilu di kabupaten/kota tentunya sudah memiliki standar operasional prosedur (SOP). “Jangankan tercoblos, rusak sedikit saja akan diganti. Jadi, tidak mungkin terjadi di setiap kabupaten dan kota,” katanya.

Bagi dia, mestinya KPU tak perlu menanggapi dengan serius dan mengekspos secara berlebihan terkait permasalahan ini, akan tetapi KPU fokus pada pekerjaan berdasarkan aturan.(jejakrekam)

Penulis Arpawi
Editor Andi Oktaviani