Jangkau Kelurahan Semangat Dalam, Tiga SMA dan SMK Dibangun Tahun 2019

TINGGAL menghitung waktu, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Provinsi Kalsel bakal segera merealisasikan bangunan sekolah menengah kejuruan (SMK) teranyar di Kabupaten Batola. Sekolah ini nantinya ditempatkan di Kelurahan Semangat Dalam, Kecamatan Alalak, wilayah yang notabenenya kawasan padat penduduk. 

KEPALA Disdikbud Provinsi Kalsel, Muhammad Yusuf Effendie menyebut dana pembangunan tersebut dikucurkan dari APBD Kalsel 2019. Dia melihat banyak mengemuka aspirasi warga setempat yang menginginkan dibangunanya sekolah baru. Praktis, bagi putra putri daerah yang sudah lulus SMP, dapat langsung bersekolah di tingkat menengah tanpa harus jauh mencari ke lokasi lain.

Selain di Batola, Yusuf menyebut pihaknya juga akan membangun sekolah menengah atas di dua daerah lainnya, yaitu Kabupaten Banjar dan Tabalong. “Jadi, total ada tiga sekolah yang akan kita bangun untuk tahun 2019 ini,” kata Yusuf, kepada wartawan, Jum’at (11/1/2019).

BACA: SMKN 4 Marabahan Dinomorduakan, DPRD Batola Protes Disdikbud Kalsel

Sementara itu, Ketua Komisi IV DPRD Kalsel, Yazidie Fauzy, menyambut positif atas apa yang akan direalisasikan disdikbud. Dengan begitu, kesempatan untuk memperoleh pendidikan ke jenjang menengah bagi bagi warga masyarakt daerah semakin luas.

Terlebih, beberapa bulan silam wakil rakyat dari kabupaten di komisi  membidangi pendidikan, sempat menyampaikan aspirasinya dan meminta ke Komisi IV DPRD Kalsel untuk mendukung direalisasikannya sekolah-sekolah yang dimaksud.

Lebih lanjut, pihak pemerintah kabupaten juga sudah menghibahkan lahan yang akan dibangun ke provinsi. “ Ya ini tentunya sudah sangat sesuai. Kita dari Komisi IV sangat mendukung,” ucap politisi PKB ini. (jejakrekam)

Penulis Ipik Gandamana
Editor Donny Muslim