Gerbong Kabinet Paman Birin Bergerak, Banyak Pejabat Dirombak

GUBERNUR Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor merombak kabinetnya. Di awal tahun 2019, tercatat ada 230 pejabat yang dikukuhkan gubernur, terdiri dari 13 pejabat eselon II, 59 pejabat eselon III dan 158 pejabat eselon IV di lingkungan Pemprov Kalsel.

RATUSAN pejabat struktural, administrator dan pengawas ini dilantik secara massal di Mahligai Pancasila, Banjarmasin, Jumat (11/1/2019) sore.

Ada sejumlah alasan mengapa Gubernur Kalsel yang akrab disapa Paman Birin ini menata kembali susunan ‘kabinetnya’, terutama setingkat kepala dinas, badan dan biro, hingga staf ahli.

BACA :  Jelang Tutup Buku, Paman Birin Minta SOPD Selesaikan Program

Terbukti, ada sejumlah pejabat yang digeser dari posisi semula digantikan pejabat baru. Termasuk, ada beberapa pejabat di lingkungan Pemprov Kalsel yang masuk ‘kotak’ sebagai staf ahli gubernur.

Usai melantik para pejabatnya, Paman Birin pun mengingatkan agar jabatan yang diberikan dijaga dengan baik.

“Jabatan itu amanah dan titipkan dari Allah SWT. Jadi bekerjalah bekerjalah sesuai aturan dan demi kesejahteraan masyarakat Kalimantan Selatan,” tegas Paman Birin.

Sejumlah pejabat di lingkungan Pemprov Kalsel yang dirombak, bahkan masuk ‘kota’ dan kemudian dilantik oleh Paman Birin, yang dihadiri petinggi daerah di Provinsi Kalsel.

BACA LAGI :  120 Pejabat Dilantik Massal Walikota Banjarmasin Ibnu Sina

Mereka yang dilantik adalah Fathurrahman yang sebelumnya Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Horkultura Kalsel digeser menjadi Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia (SDM). Posisinya diisi Syamsir Rahman yang awalnya Asisten III Administrasi Umum Setdaprov Kalsel.

Zakly Aswan yang sebelumnya Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga justru dikembalikan ke jabatan semula sebagai Kepala Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran (Satpol PP dan Damkar) Provinsi Kalsel.

Rotasi juga terjadi di Dinas Sosial Provinsi Kalsel. Sang kepala dinas Adi Santoso dirotasi menjabat Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Provinsi Kalimantan Selatan, menggeser Taufik Sugiono.

Posisi Adi Santoso pun ditempati Siti Nuryani sebagai Kepala Dinsos Kalsel yang baru. Sedangkan, Taufik Sugiono yang mantan perwira menengah Polda Kalsel ini ditunjuk sebagai Kepala Biro Sarana Prasarana Perekonomian Daerah Setdaprov Kalsel.

Kemudian, Moh Syah Jehan dilantik sebagai Wakil Direktur Umum dan Keuangan pada RSUD Ulin Banjarmasin. Lalu, Kepala Biro Pengembangan Produksi Daerah Setdaprov Kalsel dijabat Sulaiman.

Berikutnya, kursi Wakil Direktur SDM, Pendidikan, Penelitian dan Hukum RSUD Ulin Banjarmasin diduduki Taufik Hidayat.

Lalu, Burhanuddin menjabat Kepala Biro Organisasi Setdaprov Kalsel. Usai bertugas sebagai Penjabat Sementara Bupati Tapin, Gusti Syahyar yang sebelumnya Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Provinsi Kalsel.

Dalam pelantikan massal itu, Gusti Syahyar dipindah menjadi Staf Ahli Bidang Pemerintahan Hukum dan Politik Gubernur Kalsel. Posisinya sebagai Kepala PMD Provinsi Kalsel ini digantikan Zulkifli.

Terakhir,  Kepala Biro Perlengkapan dan Layanan Pengadaan Barang Jasa Setdaprov Kalsel dipercayakan kepada Ramadhin.(jejakrekam)

Penulis Balsyi/Asyikin
Editor Didi GS
Anda mungkin juga berminat
Loading...
Kata mereka tentang jejakrekam.comhttps://www.youtube.com/watch?v=JMpxvqUGSc4&t=28s