Disapu Angin Puting Beliung, 10 Rumah di Desa Guntung Papuyu Rusak

ANGIN puting beliung menyapu 10 rumah di Desa Guntung Papuyu RT 01, Kecamatan Gambut, Kabupaten Banjar, Jumat (11/1/2019) sekitar pukul 17.00 Wita. Akibat musibah itu, rumah milik 10 kepala keluarga (KK) mengalami kerusakan, terutama di bagian atap dan dinding.

BEGITU mendapat laporan adanya musibah terjadi di Desa Guntung Papuyu, Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Banjar langsung bergerak ke lokasi.

“Kami segera memberi bantuan bagi korban bencana angin puting beliung di Desa Guntung Papuyu. Angin puting beliung mengakibat bagian atap dan dinding rumah penduduk,” kata Ketua PMI Kabupaten Banjar, Sunarto kepada jejakrekam.com di Martapura, Jumat (11/1/2019).

Dari data PMI Kabupaten Banjar, tercatat ada 10 rumah yang mengalami kerusakan parah, sedang hingga ringan. Terutama di bagian atap dan dinding yang terlepas, usai disapu kuatnya angin puting beliung.

BACA : BPBD Tetapkan Kalsel Status Siaga Bencana Hingga 30 April 2019

Mantan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banjar ini memastikan bantuan yang diberikan kepada keluarga korban, juga mengukur ketersedian stok logistik di gudang PMI Banjar.

“Kami juga berkoordinasi dengan pihak Kecamatan Gambut untuk meringankan derita para korban bencana angin puting beliung,” ucapnya.

Dikutip dari data ACT Provinsi Kalsel, 10 rumah yang porak poranda akibat terjangan angin puting beliung itu dihuni 10 KKK dengan 32 jiwa.  Seperti rumah milik Supian Suri (42 tahun), Ardani (60 tahun), Triono (40 tahun) yang rusak di bagian garasi mobil, Niah (60 tahun), Fahrul Yazid (30 tahun), Sari Wati (45 tahun).

BACA JUGA :  Waspadai Bencana Alam, BPBD Kabupaten Banjar Gelar Rakor Mitigasi

Sedangkan, rumah miliki Hayati (40 tahun) terdata 80 persen mengalami rusak berat karena bagian atap rumah habis disapu angin puting beliung. Nasib serupa juga dialami Aspani (75 tahun), dan Ahmad Jul Kurnain (45 tahun) serta Durauf (55 tahun).

Sementara itu, Camat Gambut Sirajuddin Ali pun melaporkan kejadian ini ke BPBD Kabupaten Banjar agar warganya segera mendapat bantuan darurat.(jejakrekam)

Penulis Syahminan
Editor Didi GS
Anda mungkin juga berminat
Loading...
Kata mereka tentang jejakrekam.comhttps://www.youtube.com/watch?v=JMpxvqUGSc4&t=28s