Kalau Adipura Kencana, Walikota Ibnu : Kita Arak di Darat dan Sungai

BANJARMASIN dipastikan menyabet Piala Adipura tahun 2017-2018. Kabar penghargaan bidang kebersihan dan pengelolaan lingkungan kota yang keempat kalinya ini didapat melalui surat yang diterima Pemkot Banjarmasin dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

DALAM surat itu, Kementerian LHK meminta Walikota Banjarmasin hadir untuk menerima anugerah Adipura oleh Wakil Presiden RI Jusuf Kalla di Auditorium Dr Soedjarwo, Gedung Manggala Wanabakti di Jalan Gatot Subroto, Jakarta Pusat pada Senin (14/1/2019), pukul 10.00 WIB.

Surat yang dicap stempel basah Dirjen Pengelolaan Sampah, Limbah dan Bahan Beracun Berbahaya Kemen LHK Rosa Vivien Ratnawati ini diminta untuk hadir satu jam sebelum acara dimulai.

BACA :  Target Adipura Kencana, Walikota Ibnu Sina Diminta Presentasi di Kemen LHK

Walikota Banjarmasin Ibnu Sina mengaku baru saja mendapat undangan dari Kementerian LHK untuk penyerahan Piala Adipura di Istana Wapres oleh Wapres Jusuf Kalla pada Senin (14/1/2019) lusa.

“Itu artinya, kita bersyukur sudah dapat (Adipura),” ucap Ibnu Sina.

Namun, ia belum bisa memastikan prestasi Banjarmasin ini apakah masuk dalam kategori Adipura Kencana. Mengingat, dalam isi surat tersebut tidak tercantum.

BACA JUGA :  Strategi Pengelolaan Sampah Rumah Tangga Jadi Syarat Dapat Adipura

“Tidak ada tulisan Piala Adipura Kencana. Kita berharapnya Adipura Kencana. Kita coba-coba cari bocoran juga tidak ada, dan betul-betul merupakan kejutan. Tetapi, apapun yang diberikan merupakan penghargaan dari upaya warga menjadikan kota ini bersih,” kata Ibnu Sina.

Terkait teknis penyambutannya, mantan Ketua DPW PKS Kalsel ini mengatakan besok (Jumat, 11/1/2019) akan dilakukan rapat koordinasi persiapan penyambutan Adipura. Andaikata, meraih Adipura Kencana, Ibnu Sina mengaku akan menyambut dengan lebih meriah dari yang sebelumnya. “Kalau perlu pawai di darat dan di sungai,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Banjarmasin Mukhyar juga mengaku belum bisa memastikan kategori raihan Piala Adipura. Terlebih lagi, semua undangan tidak ada tertuliskan kategori apapun termasuk, Banjarbaru dan Kabupaten Banjar yang dianggapnya mendapat nominasi Adipura Kencana. “Yang pasti kita akan menerima Piala Adipura,” pungkasnya.

BACA LAGI :  Bupati Banjar Diundang Menteri LHK, Martapura 7 Kali Terima Adipura

Sebelumnya, Walikota Banjarmasin Ibnu Sina diundang Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI untuk mempresentasikan program Adipura periode 2017-2018 di Hotel Rizt Carlton Mega Kuningan Jakarta, pada Desember lalu.

Banjarmasin termasuk kota yang masuk nominasi penerima Anugerah Adipura Kencana. Atas hal itu, Walikota Ibnu Sina diminta menjalani wawancara dengan Dewan Pertimbangan Adipura Kencana.(jejakrekam)

Penulis Arpawi
Editor Didi GS
Anda mungkin juga berminat
Loading...
Kata mereka tentang jejakrekam.comhttps://www.youtube.com/watch?v=JMpxvqUGSc4&t=28s