Susun RPJMD Barito Utara, Nadalsyah Ingatkan Skala Prioritas

PENYUSUNAN rencana strategis (renstra) sebagai pedoman pembangunan daerah periode 2018-2023 digelar Bappedalitbang Kabupaten Barito Utara. Forum yang menggodok rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) Kabupaten Barito ini dibuka langsung Bupati Nadalsyah di Aula Bappedalitbang Barito Utara, Muara Teweh, Rabu (9/1/2019).

KEPALA Bappedalitbang Kabupaten Barito Utara, Muhlis mengatakan forum perangkat daerah yang menggodok renstra ini sangat penting sebagai upaya sinkronisasi berbagai program pembangunan daerah ke depan.

Sedangkan, Bupati Barito Utara Nadalsyah mengatakan sesuai visi-misi kepala daerah-wakil kepala daerah periode 2018-2023 adalah terwujudnya masyarakat Barito Utara yang religius, mandiri dan sejahtera melalui percepatan peningkatan pembangunan di bidang sumber daya manusia, infrastruktur dan ekonomi kerakyatan.

“Penyusunan RPJMD Kabupaten Barito Utara tahun 2018-2023, harus menjabarkan lima misi pembangunan yaitu peningkatan infrastruktur dan ketersediaan energi. Kemudian, peningkatan kualitas pendidikan dan kesehatan,” paparnya.

Nadalsyah juga menekankan peningkatan ekonomi masyarakat. pengelolaan sosial, budaya, pariwisata, dan lingkungan hidup. Kemudian pelayanan publik melalui tata kelola kepemerintahan yang baik (good governance).

BACA :  Tunggu Tera Kemendag, SPBU Perusda di Barito Utara Siap Beroperasi

Dalam menyusun renstra perangkat daerah tahun 2018-2023, Nadalsyah mengatakan ada beberapa hal menjadi perhatian agar bisa menjabarkan visi-misi Kabupaten Barito Utara.

“Dengan cara menyusun sasaran perangkat daerah, program prioritas beserta indikator kinerja yang terukur dan data yang relevan,” ungkapnya.

Menurut Nadalsyah,  adanya perubahan paradigma pembangunan dari money follow function menjadi money follow program prioritas benar-benar harus dilakukan pemerintah daerah. “Jangan sampai program kegiatan yang direncanakan tidak berorientasi pada manfaat untuk masyarakat serta harus prioritas demi mencapai tujuan pembangunan,” cetusnya.

BACA JUGA :  Lima Desa di Barito Utara Minta Pelayanan Kesehatan Dimaksimalkan

Nadalsyah mengatakan penyusunan program kegiatan harus sesuai dengan prioritas RPJMD serta memiliki daya ungkit yang tinggi terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat.

“Saat ini, dengan berbagai tantangan pembangunan, sudah saatnya kita harus serius untuk menyusun renstra perangkat daerah karena apa yang disusun dalam renstra perangkat daerah. Inilah yang akan mewarnai Kabupaten Barito Utara untuk lima tahun ke depan,” tandas Nadalsyah.(jejakrekam)

 

Penulis Syarbani
Editor Fahriza
Anda mungkin juga berminat
Loading...
Kata mereka tentang jejakrekam.comhttps://www.youtube.com/watch?v=JMpxvqUGSc4&t=28s