Makam Syekh Aminullah Dibongkar, Ternyata Isinya Kosong

KEBERADAAN makam yang dikeramatkan di wilayah Kelurahan Sungai Lulut, Simpang Berangas RT 01, Kecamatan Sungai Tabuk, Kabupaten Banjar menimbulkan pro dan kontra di tengah masyarakat.

MAKAM yang dipercaya tokoh agama bernama Syekh Muhammad Aminullah bin Tahmidillah ini terpaksa dibongkar. Ini dilakukan jajaran Kecamatan Sungai Tabuk bersama Danramil Sungai Tabuk, Kapolsek Sungai Tabuk, Lurah Sungai Tabuk, dan Satpol PP Kecamatan.

Saat pembongkaran yang berlangsung pada Rabu (9/1/2019) mulai pukul 10.00 Wita,  juga dihadiri Ketua Majelis Al Muzakarah, Habib Masrifani Assegaf, tokoh masyarakat dan ratusan warga setempat.

Prosesi pembongkaran makam selama 1,5 jam itu pun dikawal aparat keamanan dan dilakukan warga sekitar. Diawali dengan pencabutan nisan, hingga ke makam untuk mencari jasad yang terkubur di dalamnya.

BACA :  Kompleks Makam Sultan Suriansyah di Kuin Utara Tak Pernah Sepi Peziarah

“Pembongkaran ini untuk menjawab keraguan sebagian masyarakat atas makam yang dikeramatkan itu. Sebab, kuburan itu baru-baru ini ada dan dikeramatkan,” kata Camat Sungai Tabuk, Ahmad Fauzi kepada jejakrekam.com, Rabu (9/1/2019).

Camat Sungai Tabuk ini tak memungkiri keberadaan makam itu yang kemudian dikeramatkan dengan dibangunkan kubah, berdasar mimpin dari Habib Masrifani Assegaf.

“Beliau mengatakan dari mimpinya bahwa makam yang dipercaya Syekh Muhammad Aminullah bin Tahmdillah serta petunjuk yang ada,” ucap Camat Sungai Tabuk ini.

Agar pro dan kontra tak meruncing di tengah masyarakat Kelurahan Sungai Lulut dan sekitarnya, pembongkaran dijadikan solusi untuk menjawab semua keraguan dan keyakinan warga.

“Saat dibongkar, ternyata dalam kuburan ini tidak ditemukan jasad maupun batu nisan,” kata Ahmad Fauzi.

Dirinya pun  bersyukur suasana tetap kondusif di lokasi pembongkaran makam tersebut. Camat Sungai Tabuk ini mengimbau agar warga tetap tenang dan tidak mudah diprovokasi atas kejadian pembongkaran makam tersebut.

BACA JUGA :  Penuhi Janji, Paman Birin Mulai Proyek Renovasi Makam Datu Kalampayan

“Semua persoalan sudah dianggap selesai. Bahkan, kedua belah pihak yang semula mempersoalkan masalah makam itu sudah berdamai dan menerima keputusan itu,” tandas Ahmad Fauzi.

Sebelum dilakukan pembongkaran makam, pertemuan digelar di Kantor Kelurahan Sungai Lulut yang juga dihadiri unsur Muspika Sungai Tabuk.

Bahkan, Kapolsek Sungai Tabuk AKP Idit Aditya meminta agar kedua belah yakni yang menyakini makam keramat dan menyangkal keberadaannya tetap mengutamakan musyawarah dan menjaga ketertiban masyarakat.(jejakrekam)

 

Penulis Syahminan
Editor Didi GS