Ada Benjolan Tak Wajar, Waspada Itu Mungkin Kanker Getah Bening

PENYAKIT yang diderita ulama kondang kelahiran Banjarmasin, Ustadz Arifin Ilham disebut-sebut adalah kelenjar getah bening. Pendiri Majelis Adz-Dzikra Sentul Bogor ini tengah dirawat intensif di RSCM Jakarta. Doa untuk kesembuhan bagi ulama yang terkenal mengajak melazimkan zikir ini pun mengemuka di tengah publik.

APA itu kelenjar getah bening? Direktur RSUD dr Mochammad Ansari Saleh Banjarmasin, Dr Izaak Zoelkarnain menjelaskan kelenjar atau kanker getah bening merupakan jenis kanker ganas yang menyerang sistem limfatik.

“Kelenjar getah bening yang seharusnya untuk mempertahankan tubuh justru menyerang tubuh seseorang ketika daya tahannya dalam keadaan lemah,” kata Dr Izaak Zoelkarnain kepada jejakrekam.com, Selasa (8/1/2019).

BACA :  Rosehan : Ustadz Arifin Ilham Mohon Doa Kesembuhan dari Warga Kalsel

Menurut dia, penyebab utama kanker getah bening itu karena infeksi apakah disebabkan virus atau bakteri yang mengakibatkan keganasan pada sistem pertahanan atau imunitas tubuh seorang penderita.

“Infeksi itu bisa disebabkan berbagai macam, apakah karena makanan, udara dan sebagainya. Jadi, terjadi keganasan yang menggangu sistem imunitas tubuh,” ucap dokter jebolan Universitas Brawijaya (UB) Malang ini.

Menurut Izaak, serangan kanker getah bening ini bisa ada di bagian tubuh mana pun, tergantung jenis tumornya, bisa ke payudara, paru-paru, tulang dan bagian tubuh lainnya.

“Seharusnya, kelenjar getah bening itu menjadi imun justru merusak mekanisme pertahanan tubuh penderita. Untuk tingkatan kanker getah bening itu juga berbeda penanganannya,” kata Izaak.

BACA JUGA :  Dua Tahun Radioterapi Kanker RSUD Ulin Tak Berfungsi

Untuk kanker getah bening yang sudah stadium 4A, doktor ahli tulang ini menyebutkan sudah tingkat paling ganas, sehingga dalam penanganannya hanya ada tiga metode. Yakni, kemoterapi dengan menggunakan obat-obatan yang diracik khusus untuk membunuh sel kanker.

“Metode kedua dengan radioterapi atau terapi menggunakan radiasi yang bersumber dari energi radioaktif. Metode ketiga, ya operasi atau pembedahan,” kata Izaak.

Ia mengungkapkan semakin rendah stadium kanker getah bening yang diderita seseorang, maka semakin tinggi peluang untuk sembuh. Berbeda, menurut Izaak, jika sudah stadium 4A, tentu perlu penanganan khusus dari tim medis , meski  secara medis tidak bisa sembuh total seperti sediakala.

Agar bisa terhindar dari jenis tumor atau kanker ganas itu, Izaak menyarankan untuk cepat-cepat mendeteksi diri, terutama ketika ada benjolan yang tidak wajar atau tidak sakit, apakah ada di area leher, ketiak, sela paha atau bagian lainnya.

“Harus cepat-cepat periksa ke dokter dan mengobati. Sebab, kelenjar betah bening sebenarnya untuk pertahanan tubuh justru menyerang penderita,” kata Izaak.

Ia menekankan semakin cepat mengetahui adanya kanker getah bening, maka lebih mudah untuk penyembuhannya.(jejakrekam)

 

Penulis Ahmad Husaini
Editor Didi GS
Anda mungkin juga berminat
Loading...
Kata mereka tentang jejakrekam.comhttps://www.youtube.com/watch?v=JMpxvqUGSc4&t=28s